ANIES YULIANING TYAS, 12204183116 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI TEOREMA PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PAPAR KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (555kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (726kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (564kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (335kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (216kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Papar Kabupaten Kediri” ditulis oleh Anies Yulianing Tyas, NIM.12204183116, pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd,. MM. Kata Kunci :Model Pembelajaran Open Ended, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis di Indonesia yang dilihat dari rendahnya pretasi Indonesia pada Programme for International Student Assesment (PISA) tahun 2018 yang berada di urutan 72 dari 77 negara dengan skor kemampuan matematis sebesar 379, dimana skor rata-ratanya 489. Hal ini disebabkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan model pembelajaran konvensional, dimana siswa menjadi pasif dan tidak memberikan siswa kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya. Dengan adanya model pembelajaran Open Ended ini diharapkan mampu mengubah suasana pembelajaran menjadi lebih aktif dan efektif. Model pembelajaran Open Ended memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan berbagai strategi atau cara penyelesaian. Dengan model pembelajaran Open Ended ini siswa dapat menjadi lebih aktif dan kreatif dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis mereka. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis materi teorema pythagoras siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Papar Kabupaten Kediri. 2) Mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis materi teorema pythagoras siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Papar Kabupaten Kediri. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yaitu Quasi Experimental Design dengan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran open ended dan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Sampling. Sampel yang digunakan untuk kelas eksperimen adalah kelas VIII-B yang berjumlah 15 siswa dan kelas yang digunakan untuk kelas kontrol adalah kelas VIII-C yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni Independent sample T-test dan uji Cohen’s d. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis materi teorema pythagoras siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Papar Kabupaten Kediri dengan nilai signifikansi 0,045 < 0,05. (2) Model pembelajaran open ended berpengaruh sangat kuat terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis materi teorema pythagoras siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Papar Kabupaten Kediri sebesar 0,76 atau 76%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Etnomatematika Matematika Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | anies 12204183116 anies yulianing tyas |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 07:06 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 07:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26693 |
Actions (login required)
View Item |