IMPLEMENTASI METODE MENGHAFAL AYAT-AYAT AL-QUR'AN MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS BAGI PESERTA DIDIK DI MAN 2 BLITAR

WAHYU INTAN SAPUTRI, 12210083069 (2022) IMPLEMENTASI METODE MENGHAFAL AYAT-AYAT AL-QUR'AN MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS BAGI PESERTA DIDIK DI MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (550kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (652kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (766kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)

Abstract

Skripsi dengan Judul “Implementasi Metode Menghafal Ayat-Ayat Al-Qur’an mata pelajaran Al-Qur’an Hadits bagi peserta didik di MAN 2 Blitar” ini di tulis oleh Wahyu Intan Saputri, NIM : 12201183069, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Indah Khomsiyah M.Pd Kata Kunci : Implementasi, Metode Menghafal, Al-Qur’an Hadits Skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa seorang guru itu berperan penting terhadap keberhasilan siswa dalam memahami pelajaran yang disampaikan salah satu diantaranya adalah pemilihan metode pembelajaran yang merupakan salah satu aspek penting dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan penggunaan metode dapat mempermudah guru dalam menyampaikan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diinginkan namun dalam penggunaannya juga harus memperhatikan banyak hal Focus penelitian pada skripsi ini adalah 1.Bagaimana perencanaan pembelajaran Al-Qur’an hadits di MAN 2 Blitar? 2. Bagaiamana Implementasi metode menghafal dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas XII di MAN 2? 3. Bagaimana Promblematika Implementasi metode menghafal dalam pembelejaran Al-Qur’an Hadits di MAN 2 Blitar? 4..Bagaimana solusi dari promblematika yang dihadapi dalam menghafal ayat al-qur’an peserta didik di MAN 2 Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk medekripsikan Implementasi metode menghafal ayat Al-Qur’an mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 2 Blitar bagi peserta didik beserta perencaan, masalah yang dihadapi serta solusi yang disediakan Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah Guru serta siswa kelas XII. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: 1) Perencanaan dalam penerapan metode menghafal mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 2 Blitar meliputi: pertama kondisi siswa di dalam kelas, kedua tujuan pembelajaran, ketiga materi pembelajaran, keempat perangkat pembelajaran, kelima penguasaan guru pada metode pembelajaran, keenam, evaluasi pembelajaran, selain itu guru telah mempersiapkan perangkat pembelajaran silabus, RPP, materi pembelajaran, promes, prota dan penunjang pembelajaran yang lain 2) Penerapan metode dilakukan dengan mengunakan dua sistem yaitu tatap muka dan non tatap muka (daring) yang berlaku selama masa pandemi covid 19. Untuk pembelajaran nonn tatap muka (daring) dengan menyetor hafalan kepada guru melalui media social seperti whattsap, youtube sementara pembelajaran tatap muka melalui tiga tahap yaitu Pendahuluan, inti, dan penutup. xv 3) Promblematika dari implementasi metode menghafal bagi peserta didik di Man 2 Blitar di bagi menjadi dua faktor internal dan ekternal faktor internal diantaranya: Malas dan Bosan, Lemah Ingatan, Gugup, SKS (Sistem kebut sem alam) mudah mengatuk,kesulitan mengenal huruf tidak terbiasa membaca, konsentrasi terbagi, Mudah putus asa. Sementara faktor ekternal: latar belakang peserta didik, tidak mampu mengatur waktu, Kemiripan ayat satu dengan yang lain, dan tuntutan tugas. 4) Solusi promblematika dari implementasi metode menghafal bagi peserta didik di MAN 2 Blitar diantara-nya: niat, mengadakan kerjasama antara peserta didik dan guru, memanfaatkan buku penunjang pembelajaran, memotivasi diri dan bersungguh�sungguh, meluangkan waktu untuk menghafal, membaca berulang-ulang, menyukai al�qur’an, mendahulukan yang sifatnya penting membagi waktu

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Peserta Didik
Agama > Tafsir Hadist
Agama > Tafsir Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: wahyu intan
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:08
Last Modified: 29 Jun 2022 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26699

Actions (login required)

View Item View Item