GITA ELIDA YAHYA, 12210183005 (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA FANTASI SISWA KELAS VII MTSN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (289kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Efektivitas Penggunaan Media Video Animasi terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Fantasi Siswa Kelas VII MTsN 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Gita Elida Yahya, NIM. 12210183005, pembimbing Muyassaroh, S.S., M.Pd. Kata kunci: media video animasi, menyimak, cerita fantasi. Penggunaan media pembelajaran yang kurang inovatif membuat siswa kurang termotivasi untuk aktif dan minat belajar pun rendah. Hal tersebut berpengaruh pada hasil belajar yang kurang maksimal. Guru menjadi komponen pembelajaran yang memegang peranan penting dan keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar juga sangat ditentukan oleh faktor guru salah satunya. Seorang guru harus kompeten dalam menggunakan metode, teknik, atau media yang dianggap cocok dengan minat bakat serta taraf perkembangan peserta didik. Dalam penelitian ini, akan dibahas mengenai efektivitas penggunaan media video animasi terhadap keterampilan menyimak cerita fantasi. Media video animasi merupakan bentuk inovasi media pembelajaran yang dapat membawa siswa dalam suasana belajar yang menyenangkan (edutainment). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video animasi terhadap keterampilan menyimak cerita fantasi siswa kelas VII MTsN 6 Tulungagung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ekperimen murni atau true experiment dengan desain pretest posttest control group desaign. Pada desain penelitian ini menggunakan lebih dari satu kelompok yang terdiri atas kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol adalah kelompok yang tidak diberikan perlakuan dan kelompok eksperimen merupakan kelompok yang diberikan perlakuan dengan media video animasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dengan data berupa skor pretest dan posttest menyimak cerita fantasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji gain skor. Hasil analisis data uji-t diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,001 < 0,05. Hal tersebut berarti nilai 0,001 kurang dari 0,05, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video animasi terbukti efektif terhadap keterampilan menyimak cerita fantasi siswa kelas VII MTsN 6 Tulungagung dengan jumlah peningkatan hasil belajar berada pada kategori sedang, yakni 0,305 (0,30 N-Gain<0,70).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bahasa Dan Sastra > Film Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | GITA ELIDA YAHYA |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 02:30 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 02:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26703 |
Actions (login required)
View Item |