EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA FANTASI SISWA KELAS VII MTSN 6 TULUNGAGUNG

GITA ELIDA YAHYA, 12210183005 (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA FANTASI SISWA KELAS VII MTSN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Penggunaan Media Video Animasi terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Fantasi Siswa Kelas VII MTsN 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Gita Elida Yahya, NIM. 12210183005, pembimbing Muyassaroh, S.S., M.Pd. Kata kunci: media video animasi, menyimak, cerita fantasi. Penggunaan media pembelajaran yang kurang inovatif membuat siswa kurang termotivasi untuk aktif dan minat belajar pun rendah. Hal tersebut berpengaruh pada hasil belajar yang kurang maksimal. Guru menjadi komponen pembelajaran yang memegang peranan penting dan keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar juga sangat ditentukan oleh faktor guru salah satunya. Seorang guru harus kompeten dalam menggunakan metode, teknik, atau media yang dianggap cocok dengan minat bakat serta taraf perkembangan peserta didik. Dalam penelitian ini, akan dibahas mengenai efektivitas penggunaan media video animasi terhadap keterampilan menyimak cerita fantasi. Media video animasi merupakan bentuk inovasi media pembelajaran yang dapat membawa siswa dalam suasana belajar yang menyenangkan (edutainment). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video animasi terhadap keterampilan menyimak cerita fantasi siswa kelas VII MTsN 6 Tulungagung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ekperimen murni atau true experiment dengan desain pretest posttest control group desaign. Pada desain penelitian ini menggunakan lebih dari satu kelompok yang terdiri atas kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol adalah kelompok yang tidak diberikan perlakuan dan kelompok eksperimen merupakan kelompok yang diberikan perlakuan dengan media video animasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dengan data berupa skor pretest dan posttest menyimak cerita fantasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji gain skor. Hasil analisis data uji-t diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,001 < 0,05. Hal tersebut berarti nilai 0,001 kurang dari 0,05, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video animasi terbukti efektif terhadap keterampilan menyimak cerita fantasi siswa kelas VII MTsN 6 Tulungagung dengan jumlah peningkatan hasil belajar berada pada kategori sedang, yakni 0,305 (0,30 N-Gain<0,70).

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Film
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: GITA ELIDA YAHYA
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:30
Last Modified: 29 Jun 2022 02:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26703

Actions (login required)

View Item View Item