PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMPN 2 KADEMANGAN BLITAR

ARINI ROBINGATA KHUSNIA, 12201183325 (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMPN 2 KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (397kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMPN 2 Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Arini Robingata Khusnia, NIM. 12201183325. Pembimbing: Dr. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Minat Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh siswa yang tidak semuanya memiliki minat belajar. Minat belajar sangat berpengaruh besar dalam diri siswa, tanpa adanya minat maka pembelajaran tentunya tidak akan berjalan dengan baik. Dalam pelaksanaan meningkatkan minat belajar disekolah tentu tidak lepas dari peran guru, sehingga dapat dikatakan peran guru sangat berdampak besar terhadap kualitas belajar siswa, diantaranya guru berperan sebagai motivator, inovator, dan evaluator. Tujuannya adalah untuk meningkatkan minat belajar, menumbuhkan ilmu pengetahuan dan keterampilan siswa melalui sebuah pendidikan untuk mencetak generasi bangsa yang unggul dan berprestasi. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMPN 2 Kademangan Blitar?. (2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai inovator dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMPN 2 Kademangan Blitar?. (3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai evaluator dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMPN 2 Kademangan Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMPN 2 Kademangan Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai inovator dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMPN 2 Kademangan Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai evaluator dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMPN 2 Kademangan Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan menggunakan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian ini di SMPN 2 Kademangan, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi partisipatif, wawancara semi terstruktur (Semi structure Interview) dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/ verification). Pengabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi sumber dan triangulasi teknik, dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator yaitu guru memberian motivasi untuk meningkatkan minat belajar, memberikan pujian, memberi dorongan terhadap siswa yang memiliki minat belajar rendah, memberi pemahaman ulang akan materi yang belum dipahami, memberi teguran dan hukuman kepada siswa, memberikan hasil belajar, memberikan tugas dan ulangan. (2) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai inovator yaitu menggunakan metode ceramah dengan menghubungkan materi dengan fenomena sekitar yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari dan menggunakan metode hafalan dengan aplikasi spin. (3) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai evaluator yaitu memberikan nilai apa adanya dalam bentuk angka, melakukan evaluasi formatif dan evaluasi sumatif, serta memberikan nilai secara langsung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183325 Arini Robingata Khusnia
Date Deposited: 29 Jun 2022 07:48
Last Modified: 29 Jun 2022 07:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26709

Actions (login required)

View Item View Item