HENI DWI KUSUMAWATI, 12208173080 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII DI SMPN 2 KANDAT. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (883kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (626kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (537kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (662kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (411kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII di SMPN 2 KANDAT” ditulis oleh Heni Dwi Kusumawati, NIM. 12208173080, pembimbing Dr. Eni Setyowati, S. Pd, M.M. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Pop Up Book, Sistem Pernapasan Manusia Penelitian ini dilatarbelakangi pada permasalahan kurangnya pemahaman siswa tentang materi biologi dalam mata pelajaran IPA yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara akademik. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar adalah buku paket/BSE, sehingga dianggap membosankan dan kurang menarik. Peneliti menghubungkan antara penggunaan media pembelajaran dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 2 Kandat. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran pop up book biologi pada materi sistem pernapasan kelas VIII di SMPN 2 Kandat. 2) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran pop up book biologi pada materi sistem pernapasan dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 2 Kandat. 3) Untuk mengetahui respon siswa kelas VIII di SMPN 2 Kandat terhadap media pembelajaran pop up book biologi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, dan tes. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik analisis kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Teknik analisis kuantitatif menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan 1) Media pembelajaran pop up book disusun dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi berdasarkan masukan dan saran dari validator, sehingga media pembelajaran dikatakan layak untuk diuji cobakan dalam pembelajaran. Hasil validasi ahli media dengan nilai persentase 80%, ahli materi yaitu 92,8%, dan guru mata pelajaran yaitu 85,9%, dengan kriteria sangat layak. 2) Keefektifan media pempelajaran pop up book dapat dilihat dengan uji analisis data pada nilai posttest dengan hasil uji Independent Sampel T-test nilai sig (2-tailed) adalah 0,000. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Pada nilai thitung adalah 5,120, sedangkan ttabel adalah 2,048, maka nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas ekperimen yang menggunakan media pembelajaran pop up book biologi dengan kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran dari guru, serta efektif digunakan dalam proses pembelajaran guna meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. 3) Respon siswa memperoleh persentase penilaian sebesar 94,56% dengan kriteria sangat menarik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop up book biologi sistem pernapasan manusia dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 2 Kandat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Biologi > Manusia Pendidikan > Media Pembelajaran Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | dwi kusumawati Heni |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 03:41 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 03:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26742 |
Actions (login required)
View Item |