IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH (ASWAJA) AN- NAHDLIYAH DALAM PENDIDIKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MA AL – MA’ARIF PANGGUNG TULUNGAGUNG

RIFA ‘ATUL MAHMUDATIN YA FAHRINA, 12201173300 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH (ASWAJA) AN- NAHDLIYAH DALAM PENDIDIKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MA AL – MA’ARIF PANGGUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (254kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah (Aswaja) An- Nahdliyah dalam Pendidikan Akhlak Peserta didik di MA Al Ma‟arif Panggung Tulungagung”, ini ditulis oleh Rifa „Atul Mahmudatin Ya Fahrina, NIM. 12201173300, pembimbing Zainudin, S.Ag., M. Pd.I. Kata kunci : Pembelajaran aswaja, pendidikan akhlak Penelitian ini dilatar belakangi oleh kualitas sumber daya manusia pada saat ini mulai menurun, disebabkan karena pengaruh kemajuan zaman yang tidak diimbangi oleh pengetahuan. Sehingga banyak yang menyalah gunakannya dan dapat merusak moral atau akhlak. Yang mana banyak menimpa pada peserta didik saat ini. Pendidikan akhlak atau budi pekerti di Indonesia sudah mulai tenggelam dalam kurikulum pendidikan islam. Untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia dapat dilakukan melalui pendidikan, latihan serta pembinaan. karena itu dalam era modern ini pendidikan islam sangat perlu diajarkan kepada peserta didik. Agar peserta didik berpegang teguh pada ajaran islam dan tidak terjerumus dalam pergaulan yang salah serta untuk membentuk akhlak mulia. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi pembelajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah (Aswaja) An- Nahdliyah dalam Pendidikan Akhlak Peserta didik di MA Al- Ma‟arif Panggung Tulungagung? (2) Bagaimana hambatan pembelajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah (Aswaja) An- Nahdliyah dalam Pendidikan Akhlak Peserta didik di MA Al Ma‟arif Panggung Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah (Aswaja) An- Nahdliyah dalam Pendidikan Akhlak Peserta didik di MA Al- Ma‟arif Panggung Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran ahlussunnah wal jam’ah (aswaja) an- nahdliyah dalam pendidikan akhlak peserta didik di MA Al-Ma‟arif Panggung Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan hambatan pembelajaran ahlussunnah wal jama’ah (aswaja) an- nahdliyah dalam pendidikan akhlak peserta didik di MA Al-Ma‟arif Panggung Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran ahlussunnah wal jama’ah (aswaja) an- nahdliyah dalam pendidikan akhlak peserta didik di MA Al-Ma‟arif Panggung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dam dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, peyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan paparan data dan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa, (1) implementasi pembelajaran ahlusunnah wal jama’ah (Aswaja) An-Nahdliyah dalam pendidikan akhlak peserta didik di MA Al- Ma‟arif Panggung Tulungagung, persiapan yang dilakukan sebelum pembelajaran aswaja yaitu membuat perangkat pembelajaran, (silabus, RPP), modul materi pembelajaran aswaja, pelaksanaan pembelajaran aswaja di MA Al- Ma‟arif menggunakan model pembelajaran e-learning selama pembelajaran online selain itu juga menggunakan aplikasi whatsapp group, google meet, dan zoom. Penilain tugas dalam pembelajaran aswaja untuk saat ini adalah peserta didik mau menanggapi, kemauan mengerjakan, dan ketepatan waktu mengumpulkan, pengembangan pendidikan akhlak melalui pembelajaran aswaja di MA Al-Ma‟arif seperti istighosah, tahlilan, sholat dhuha berjamaah, serta bekerjama dengan kegiatan IPPNU. (2) Hambatan dalam pembelajaran ahlusunnah wal jama’ah (Aswaja) An-Nahdliyah dalam pendidikan akhlak peserta didik di MA Al- Ma‟arif Panggung Tulungagung yaitu, kuota terbatas, jaringan internet yang tidak stabil, dalam hal ini pihak madrasah memberikan kuota belajar untuk peserta didik, kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan dalam hal ini berusaha untuk memfasilitasi murid dengan cara mempersilahkan untuk menanyakan kepada guru ketika ada permasalahan yang belum difahami, pendidik tidak bisa memberikan contoh secara langsung kepada peserta didik mengenai penanaman akhlak yang sesuai dengan nilai-nilai aswaja dalam pembelajaran online. (3) Evaluasi pendidik pada pembelajaran ahlussunnah wal jama’ah (Aswaja) An-Nahdliyah dalam pendidikan akhlak peserta didik di MA Al- Ma‟arif Panggung Tulungagung dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut yaitu, evaluasi program pembelajaran, evalusi proses pelaksanaan dan evaluasi mengenai hasil belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173300 RIFA ‘ATUL MAHMUDATIN YA FAHRINA
Date Deposited: 30 Jun 2022 07:19
Last Modified: 30 Jun 2022 07:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26757

Actions (login required)

View Item View Item