KHOLISOH, ATIK ADIANA (2015) UPAYA USTADZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BACA TULIS AL-QUR’AN DI TPQ AN-NAHDLIYAH BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]
Text
Awal.pdf Download (606kB) |
||
Text
BAB 1.pdf Download (162kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Ustadz dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Baca Tulis Al-Qur’an di TPQ An-Nahdliyah Banjarejo Rejotangan Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Atik Adiana Kholisoh, NIM. 3211113046, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata kunci: Ustadz, Motivasi Belajar, Baca Tulis Al-Qur’an, TPQ An-Nahdliyah. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa Keberhasilan belajar sangat dipengaruh oleh motivasi. Dalam proses belajar mengajar motivasi merupakan masalah yang sangat penting dan syarat mutlak dalam belajar. Banyak bakat anak didik yang tidak berkembang karena tidak diperoleh motivasi yang tepat. Motivasi adalah kondisi-kondisi atau keadaan yang mengaktifkan atau memberi dorongan kepada individu-individu untuk bertingkah laku mencapai tujuan yang ditimbulkan oleh motivasi-motivasi tersebut. Motivasi dibagi menjadi dua yaitu motivasi intirnsik (motivasi yang berasal dari dalam diri anak) dan motivasi ekstrinsik (motivasi yang berasal dari luar diri anak). Yang termasuk motivasi intrinsik adalah adanya kebutuhan, adanya pengetahuan tentang kemajuannya sendiri dan adanya aspirasi atau cita-cita. Sedangkan yang termasuk motivasi ekstrinsik adalah pujian, hukuman, hadiah, penghormatan, dan lain-lain. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1). Bagaimana metode pembelajaran yang digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar baca tulis Al-Qur’an di TPQ An-Nahdliyah Banjarejo? 2). Bagaimana upaya ustadz memberikan solusi pada wali santri untuk memotivasi anaknya di TPQ An-Nahdliyah Banjarejo ? 3). Bagaimana faktor pendukung dan penghambat ustadz dalam meningkatkan motivasi belajar baca tulis Al-Qur’an di TPQ An-Nahdliyah Banjarejo? Skripsi ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui bagaimana metode pembelajaran yang digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar baca tulis Al-Qur’an di TPQ An-Nahdliyah Banjarejo 2). Mengetahui bagaimana upaya ustadz memberikan solusi pada wali santri untuk memotivasi anaknya di TPQ An-Nahdliyah Banjarejo 3). Mengetahui bagaimana faktor pendukung dan penghambat ustadz dalam meningkatkan motivasi belajar baca tulis Al-Qur’an di TPQ An-Nahdliyah Banjarejo Dalam penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, metode observasi dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, mendisplay data dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan triangulasi dan pembahasan sejawat. Hasil penelitian: 1). Metode pembelajaran yang digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar baca tulis Al-Qur’an di TPQ An-Nahdliyah Banjarejo yaitu hampir semua ustadz/ustadzah menggunakan metode yang sama, di antaranya metode ceramah, metode drill, metode tugas dan metode yang mendukung adalah metode pembiasaan, metode ketauladanan dan metode hafalan. 2). Solusi yang diberikan ustadz/ustadzah pada wali santri dalam meningkatkan motivasi anaknya diantaranya menjadikan kegiatan belajar sebagai kegiatan yang menyenangkan, memiliki sikap yang bersungguh-sungguh, dan disiplin. 3). Faktor pendukung dan penghambat ustadz dalam meningkatkan motivasi belajar baca tulis Al-Qur’an di TPQ An-Nahdliyah Banjarejo yaitu adanya hasrat dan keinginan anak didik, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar dan adanya materi atau bahan penunjang dan faktor penghambatnya Kurang disiplin baik ustadz maupun anak didik dan kurang perhatian dan kerjasama dari sebagian orang tua anak didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ATIK ADIANA KHOLISOH |
Date Deposited: | 30 Nov 2015 06:34 |
Last Modified: | 30 Nov 2015 06:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2676 |
Actions (login required)
View Item |