HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK DAN GIM SMK NEGERI 1 BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG

IKLIMATUL FATIMAH, 12210183063 (2022) HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK DAN GIM SMK NEGERI 1 BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Hubungan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim SMK Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Iklimatul Fatimah, NIM. 12210183063, pembimbing Muyassaroh, S.S., Mpd. Kata kunci: penguasaan kosakata, keterampilan menulis, Teks Eksposisi. Menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa yang diperoleh secara tidak langsung, melainkan melalui parktik yang banyak dan teratur. Kegiatan menulis dapat menuangkan ide ke dalam bentuk tulisan sehingga mudah dipahami oleh orang lain. Salah satu jenis kegiatan menulis yang menuntut siswa menuangkan ide berisi paparan tentang sesuatu yang bermaksud memberitahukan dan bertujuan untuk menjelaskan kepada pembaca adalah karangan eksposisi. Salah satu cara agar terampil dalam menulis adalah menguasai kosakata. Sering ditemukan bahwa siswa kurang mampu menguasai kosakata dengan baik sehingga sering terjadi kesalahan penulisan. Kesalahan tersebut menjadikan tulisan eksposisi yang seharusnya memberi informasi secara faktual akan membuat pembaca bingung dalam memahami informasi tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X pengembangan perangkat lunak dan gim SMK Negeri 1 Boyolangu Kab. Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X pengembangan perangkat lunak dan gim SMK Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan meggunakan metode korelasi. Sumber data berasal dari hasil tes penguasaan kosakata dan tes keterampilan menulis teks eksposisi siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X pengembangan perangkat lunak dan gim SMK Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung sebanyak 75 siswa. Teknik pengumpulan data . Analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas,uji homogenitas, analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi persons product moment. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa penguasaan kosakata siswa secara keseluruhan memperoleh skor rata-rata 78,9 dengan kriteria tinggi. Keterampilan menulis teks eksposisi siswa secara keseluruhan mendapat rata-rata 77,76 dengan kriteria tinggi. Hasil dari analisis korelasi persons product moment dengan taraf signifikansi sebesar 4,35 dengan keeratan sangat kuat, sedangkan rtabel pada taraf signifikansi 5% dan N=75 adalah 0,224. Hasil analisis tersebut terlihat bahwa nilai rhitung lebih besar dari rtabel (4,35 > 0,224). Dengan demikian, dapat disimpulksn bahwa ada hubungan penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis teks eksposisi kelas X pengembangan perangkat lunak dan gim SMK Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Teknologi Informasi
Bahasa Dan Sastra > Writing
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: fatimah iklimatul
Date Deposited: 04 Jul 2022 04:59
Last Modified: 04 Jul 2022 04:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26766

Actions (login required)

View Item View Item