NURUL HIDAYAH, 12205183114 (2022) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS TINGGI SDIT AL-ASROR RINGINPITU KECAMATAN KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (690kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (259kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (9kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (438kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) | Preview |
Abstract
Nurul Hidayah. NIM. 12205183114. Peran Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas Atas SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung. Pembimbing : Dr. H. Nur Efendi, M, Ag. Keywords: Peran, Guru, Prestasi, Masa Pandemi. Pada saat ini, pandemi covid merupakan permasalahan besar yang menjadi masalah hampir semua negara di sunia. Dampak dari pandemi ini mempengaruhi seluruh aspek, baik aspek kesehatan, aspek ekonomi, aspek pendidikan dan aspek lain yang mendapat pengaruh dari pandemi covid-19 ini. Pada aspek pendidikan sendiri, untuk mengurangi dampak penyebaran di sekolah maka dilakukan sistem pembelajaran yang tidak seperti biasa, dan sistem itu sangat berpengaruh terutama pada proses pembelajarannya. Proses pembelajaran pada masa ini menggunakan sistim pembelajaran online (pembelajaran jarak jauh) dan tatap muka. Pada prosesnya banyak hal yang perlu dipertimbangkan berbagai pihak, baik pihak guru, sekolah maupun orang tua. Terutama pada guru dimana memiliki tanggung jawab yang sangat besar, terutama pada peningkatan semangat belajar dan peningkatan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1.) untuk mengetahui peran guru sebagai pendidik dalam upaya meningkatkan prestasi belajar di masa pendemi covid-19 pada siswa kelas tinggi SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung, 2.) untuk mengetahui peran guru sebagai pembimbing dalam upaya meningkatkan prestasi belajar di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas tinggi SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung, 3.) untuk mengetahui Peran guru sebagai motivator dalam upaya meningkatkan prestasi belajar di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas tinggi SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian study kasus, sumber data yang digunakan yaitu guru kelas IV, V, VI dan juga arsip kesiswaan. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan, keteralihan ,bergantungan dan kepastian Hasil penelitiannya adalah: 1.) Peran guru sebagai pendidik dalam upaya meningkatkan prestasi belajar di masa pendemi covid-19 pada siswa kelas tinggi SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung yaitu, Guru di SDIT Al-Asror Ringinpitu telah dapat menggunakan strategi yang dinilai efektif dalam pembelajaran dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa, Guru SDIT Al-Asror Ringinpitu telah menggunakan metode yang dinilai tepat dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa, Guru di SDIT Al-Asror Ringinpitu memiliki perencanaan yang matang dalam upaya mengoptimalkan proses pembelajaran. 2.) peran guru sebagai pembimbing dalam upaya meningkatkan prestasi belajar di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas tinggi SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung yaitu, Guru di SDIT Al-Asror Ringinpitu memaksimalkan perannya sebagai pembimbing dengan selalu mendampingi dan menjadi pengarah tingkah laku baik di aspek kognitif, efektif dan psikomotorik, Guru di SDIT Al-Asror Ringinpitu mengupayakan untuk menumbuhkan pendewasaan pada siswa agar siswa selalu dapat mengatasi segala masalahnya dalam kehidupan sehari-hari, Guru di SDIT Al-Asror memberi pengetahuan meluas baik untuk sekolah dalam pencapaian prestasi belajar. 3.) Peran guru sebagai pembimbing dalam upaya meningkatkan prestasi belajar di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas tinggi SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung yaitu, guru di SDIT Al-Asror Ringinpitu memaksimalkan perannya sebagai pencipta suasana belajar yang menyenangkan untuk siswa, Guru di SDIT Al-Asror Ringinpitu dalam proses pembelajaran baik itu online atau tatap muka dengan menggunakan stategi yang di anggap efektif dalam mengembalikan semangat belajar siswa, Guru di SDIT Al-Asror Ringinpitu mengusahakan peran sebagai guru ideal dalam upaya menciptakan pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Prestasi Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183114 NURUL HIDAYAH pgmi |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 04:14 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 04:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26804 |
Actions (login required)
View Item |