PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP AKHLAK SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH ANNIDHOM BRANGGAHAN, NGADILUWIH, KEDIRI

LAILIYA NUR FADILA, 12205183207 (2022) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP AKHLAK SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH ANNIDHOM BRANGGAHAN, NGADILUWIH, KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (728kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (275kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Akhlak Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Annidhom Branggahan, Ngadiluwih, Kediri.” Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, ini ditulis oleh Lailiya Nur Fadila, NIM 12205183207, Pembimbing M. Ridhlo Al- Qodri Sri Utomo, M.A Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Akhlak Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pengertian mengenai kecerdasan emosional dan akhlak siswa terhadap guru di Madrasah Ibtidaiyah Annidhom Branggahan, Ngadiluwih, Kediri, sehingga banyak yang melakukan pelanggaran. Sehingga semakin banyak bimbingan dan sanksi kepada siswa yang melanggar maka akan semakin sedikit siswa yang melanggar disekolah. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah Kecerdasan Emosional Berpengaruh Terhadap Akhlak Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Annidhom Branggahan, Ngadiluwih Kediri? (2) Seberapa Besar Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Akhlak Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Annidhom Branggahan Ngadiluwih Kediri? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Akhlak Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Annidhom Branggahan Ngadiluwih Kediri. (2) Untuk mengetahui Tingkat Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Akhlak Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Annidhom Branggahan Ngadiluwih Kediri. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik sampling merupakan probability sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas V. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji coba instrument meliputi uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket Teknik analisis data menggunakan Uji Regresi Sederhana, yang sebelumnya diuji prasyarat normalitas dan linieritas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap akhlak siswa diperoleh nilai significan Sig. (2-tailed) sebesar 0,287 dengannilai t hitung 2,445 >nilai t tabel 3,01. Sehingga nilai signifikan > 0,05 dan t hitung < t tabel. (2) Terdapat besar pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap akhlak siswa diperoleh R Square sebesar 0,493 atau 49,3% dengan t hitung 4,180 nilai t tabel 2,101. Sehingga thitung > ttabel.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > EQ
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183207 LAILIYA NUR FADILA
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:00
Last Modified: 04 Jul 2022 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26807

Actions (login required)

View Item View Item