STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN BERIBADAH PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BLITAR

IRFANSYAH ABROR APRILIANTO, 17205163166 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN BERIBADAH PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (725kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (375kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Menumbuhkan Kesadaran Beribadah siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar,” ditulis oleh Irfansyah Abror Aprilianto, NIM. 17205163166, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultaa Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Nuryani, S.Ag, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Kesadaran Beribadah Kesadaran beribadah merupakan sesuatu yang wajib dan pokok bagi seseroang peserta didik baik di lingkungan madrasah maupun di lingkungan rumah. Sesuai konteks penelitian ini pendidikan agama merupakan salah satu bidang studi yang dimasukkan dalam setiap kurikulum formal dan tingkat dasar hingga perguruan tinggi di indonesia guna menumbuhkan karakter religius yang baik, termasuk salah satunya kesadaran beribadah. Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan upaya dalam program pelaksanaan kesadaran beribadah. Khususnya dalam penelitian ini yaitu Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar pihak madrasah berusaha menanamkan nilai-nilai keislaman melalui kesadaran untuk beribadah, dengan menerapkan sholat berjamaah dan membaca Al Qur’an sebagai langkah awal untuk meningkatkan kesadaran beribadah siswa. Fokus dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menumbuhkan kesadaran beribadah sholat fardhu siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar?, 2) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menumbuhkan kesadaran beribadah kegiatan sholat sunnah dhuha di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar?, 3) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menumbuhkan kesadaran beribadah kegiatan rutinan tahlilan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena-fenomena tentang apa yang terjadi di madrasah, sedangkan penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yakni: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Fokus penelitian ini terletak pada strategi guru PAI dalam mewujudkan kemandirian beribadah siswanya.Yang di wawancarai ialah Kepala madrasah, Guru PAI, Koordinator Kepala Bidang Kesiswaan, dan Koordinator Kepala Bidang Kurikulum. Teknik Analisis datanya mengikuti langkah analisis model Miles dan Huberman reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yaitu triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Strategi guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menumbuhkan kesadaran beribadah sholat fardhu siswa, beberapa macam strategi: (a) strategi edukatif (b) strategi motivatif (c) strategi reward and punishment, sedangkan aplikatifnya yaitu meliputi dengan strategi: a) adanya buku kontrol siswa. b) penerapan sanksi bagi siswa yang dinilai tidak melaksanakan kegiatan dengan baik, hingga pemberian motivasi dan evaluasi. c) pendidikan dasar mengenai shalat sejak kelas 1 dan 2, yaitu siswa mendapat pendidikan khusus perihal shalat, sedangkan kelas besar diwajibkan melaksanakan kegiatan shalat duhur berjamaah di mushola madrasah. 2) Strategi guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menumbuhkan kesadaran beribadah kegiatan sholat sunnah dhuha, meliputi: a) Menumbuhkan kesadaran beribadah, b) Penerapan sanksi, pesan moral, dan ditambah dengan penanaman pemahaman, c) Faktor dan dorongan orang tua. 3) Strategi guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menumbuhkan kesadaran beribadah kegiatan rutinan tahlilan siswa, meliputi: a) Kegiatan baca tahlil, b) Tahlil dilaksanakan setiap seminggu sekali pada seluruh kelas, sedangkan untuk hafalan surat pendek dilaksanakan setiap hari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163166 IRFANSYAH ABROR APRILIANTO
Date Deposited: 11 Jul 2022 03:06
Last Modified: 11 Jul 2022 03:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26906

Actions (login required)

View Item View Item