FERDIANSYAH KAMAL IDRIS, 12201183113 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SANTRI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) BAITUL MA’MUR CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (392kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (231kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (387kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (331kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ferdiansyah Kamal Idris, NIM. 12201183113. Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Santri di TPQ Baitul Ma’mur Campurdarat Tulungagung. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. St. Noer Farida Laila,M.A Kata kunci : Strategi, Kesulitan belajar, TPQ. Taman pendidikan Al-Qur’an merupakan lembaga yang bertujuan untuk mendidik dan mengajarkan ilmu tentang agama, Namun dalam proses pembelajarannya masih di temukan kesulitan-kesulitan yang dimiliki santri seperti kesulitan mengenai tajwid ketika membaca Al-Qur’an, kurang pemahaman mengenai teknik menulis huruf hijaiyah, dan juga kesulitan menghafal surat-surat dalam Al-Qur’an karena kurang fasih, dan guru menerapkan strategi-strategi untuk mengatasi kesulitan -kesulitan tersebut. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan santri belajar membaca Al Qur’an di taman pendidikan Al Qur’an (TPQ) Baitul Ma’mur Campurdarat Tulungagung. (2) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan santri belajar menulis huruf hijaiyah di taman pendidikan Al Qur’an (TPQ) Baitul Ma’mur Campurdarat Tulungagung. (3) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan santri belajar menghafal surat surat pendek dalam Al-Qur’an di taman pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Baitul Ma’mur Campurdarat Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah kulitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data di lakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data di lakukan dengan cara menggunakan perpanjangan pengamatan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini (1) Strategi guru mengatasi kesulitan santri belajar membaca Al-Qur’an dalam tajwidnya dengan menggunakan metode An-Nahdliyah. Penerapannya sendiri dengan cara klasikal, santri di berikan contoh ayat atau surat lalu di baca bersama sama, dan juga dibahas mengenai hukum-hukum bacaan termasuk apa saja, dan langsung diberi contoh nya.(2) Strategi guru mengatasi kesulitan santri belajar menulis huruf hijaiyah dalam hal kurang pemahaman tentang teknik menulis yang baik dan benar, serta kurang mahir dalam menulisnya. Strategi yang di gunakan guru pertama santri di minta untuk melemaskan jari tangannya terlebih dahulu. Selanjutnya guru memberitahu cara memegang alat tulis yang benar, serta memberikan contoh di papan. (3) Strategi guru mengatasi kesulitan santri ketika menghafal surat-surat dalam AL-Qur’an dalam hal kurang fasihnya dalam membaca, serta daya ingat santri yang setiap individu santri berbeda. Untuk mengatasinya dengan menerapkan metode pedoman An-Nahdliyah mengenai tartil dan makharijul huruf. Untuk memperkuat daya ingat santri ketika menghafal yaitu dengan strategi mengulang- ulang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Islàm Pendidikan > Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam > TPA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 122011813113 FERDIANSYAH KAMAL IDRIS |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 04:15 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 04:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26962 |
Actions (login required)
View Item |