PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN MATRIKS PADA KELAS XI SMKN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

ADINDA KURNIA DEWI, 12204183053 (2022) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN MATRIKS PADA KELAS XI SMKN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Gaya Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Pembelajaran Matriks pada Kelas XI SMKN 1 Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Adinda Kurnia Dewi, NIM. 12204183053, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Gaya belajar, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar. Tujuan dari pendidikan adalah membentuk SDM yang senantiasa meningkatkan kualitas diri secara terus menerus. Akan tetapi menurut banyak peneliti, matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit bagi siswa. Para guru memiliki beberapa cara dalam menyampaikan materi matematika, padahal setiap anak memiliki gaya belajar dan tingkat kemandirian belajar yang berbeda-beda, sehingga guru dituntut mampu dalam memilih metode yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Dalam K13 pembelajaran berfokus kepada siswa, tentunya kemandirian siswa dalam belajar sangat dibutuhkan, akan tetapi masih banyak siswa MA/SMA/SMK yang memiliki tingkat kemandirian belajar rendah, bahkan yang terjadi pada saat ini adalah penurunan tingkat kemandirian belajar atau bahkan kehilangan kemandirian belajar akibat lelah dengan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Sedangkan hal tersebut sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran terutama pada masa dan setelah pandemi Covid-19. Fokus penelitian ini adalah mengetahui apakah ada pengaruh gaya belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil pembelajaran matriks pada kelas XI SMKN 1 Boyolangu Tulungagung setelah terjadi pembelajaran Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek peneliti diambil 27 siswa dari kelas XI TKJ 1 SMKN 1 Boyolangu. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji ANOVA 2 jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak ada pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap hasil pembelajaran matriks pada kelas XI SMKN 1 Boyolangu Tulungagung dengan nilai Sig. 0,121 > 0,05 (2) Ada pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap hasil pembelajaran matriks pada kelas XI SMKN 1 Boyolangu Tulungagung dengan nilai Sig. 0,014 < 0,05 (3) Tidak ada pengaruh yang signifikan gaya belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil pembelajaran matriks pada kelas XI SMKN 1 Boyolangu Tulungagung dengan nilai Sig. 0,128 > 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183053 ADINDA KURNIA DEWI
Date Deposited: 08 Jul 2022 06:40
Last Modified: 08 Jul 2022 06:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26966

Actions (login required)

View Item View Item