PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIRS PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII MTS DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG

PUJAWARA MAYLAN, 12204183261 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIRS PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII MTS DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (759kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (451kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung” ini ditulis oleh Pujawara Maylan, NIM. 12204183261, pembimbing Miswanto, M. Pd. Kata Kunci: Thinking Aloud Pairs Problem Solving, Pemecahan Masalah, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa, hal ini disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang cenderung membuat siswa lebih pasif serta kurangnya kesempatan bagi siswa untuk mengeksplor kemampuannya dalam memecahkan masalah. Model pembelajaran TAPPS ini dapat digunakan sebagai sarana siswa untuk menyelesakan permasalahan sendiri serta bertanggungjawab atas penyelesaian masalah yang diberikan kepadanya. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung, 2) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil belajar pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung, 3) Mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung, 4) Mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil belajar pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen desain Quasi-Experiment berupa Posttest-Only Kontrol Design. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII F berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Uji T-test (Independent Sampling Test) dan uji Uji Effect Size Cohen’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung, 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil belajar pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung, 3) Besar pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung sebesar 2,085 tergolong sangat besar, 4) Besar pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil belajar pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung sebesar 1,576 tergolong sangat besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183261 PUJAWARA MAYLAN
Date Deposited: 08 Jul 2022 05:51
Last Modified: 08 Jul 2022 05:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26992

Actions (login required)

View Item View Item