PUJAWARA MAYLAN, 12204183261 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIRS PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII MTS DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (822kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (746kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (710kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (759kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (724kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (451kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung” ini ditulis oleh Pujawara Maylan, NIM. 12204183261, pembimbing Miswanto, M. Pd. Kata Kunci: Thinking Aloud Pairs Problem Solving, Pemecahan Masalah, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa, hal ini disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang cenderung membuat siswa lebih pasif serta kurangnya kesempatan bagi siswa untuk mengeksplor kemampuannya dalam memecahkan masalah. Model pembelajaran TAPPS ini dapat digunakan sebagai sarana siswa untuk menyelesakan permasalahan sendiri serta bertanggungjawab atas penyelesaian masalah yang diberikan kepadanya. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung, 2) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil belajar pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung, 3) Mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung, 4) Mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil belajar pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen desain Quasi-Experiment berupa Posttest-Only Kontrol Design. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII F berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Uji T-test (Independent Sampling Test) dan uji Uji Effect Size Cohen’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung, 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil belajar pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung, 3) Besar pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung sebesar 2,085 tergolong sangat besar, 4) Besar pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil belajar pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung sebesar 1,576 tergolong sangat besar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183261 PUJAWARA MAYLAN |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 05:51 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 05:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26992 |
Actions (login required)
View Item |