HABIBAH, NUR (2015) PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF NU BACEM TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]
|
Text
SAMPUL.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (610kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (930kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (139kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul“Pengaruh Brain Gym Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif NU Bacem Tahun Ajaran 2014/2015.”Ini ditulis oleh Nur Habibah, NIM.3214113024, pembimbing Dewi Asmarani, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena rendahnya nilai hasil belajar matematika yang disebabkan otak belum difungsikan secara optimal. Hal ini menunjukkan bahwa ketika otak belum difungsikan secara optimal saat kegiatan belajar mengajar matematika berlangsung dapat berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa, sehingga pemahaman materi dan pemahaman terhadap permasalahan pun kurang sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang cenderung tidak bagus atau dibawah KKM. Berdasarkan permasalahan tersebut, senam otak (Brain Gym) kiranya dapat dijadikan salah satu solusi, agar otak bisa difungsikan secara optimal. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh Brain Gym terhadap hasil belajar matematikasiswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Bacem Tahun Ajaran 2014/2015? (2) Seberapa besar pengaruh Brain Gym terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Bacem Tahun Ajaran 2014/2015?Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Brain Gym dan seberapa besar pengaruhnya terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Bacem Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk dalam kategori penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini digunakan metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi untuk mendapatkan data tentang data guru dan siswa dan dokumentasi saat diberikan treatment. Sedangkan metode tes untuk mendapatkan data hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan t_hitung>t_tabelatau 2,707>2,000. Selain itu, nilai sig. 0,009<0,025. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh Brain Gym terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Bacem sebesar 5,73 %.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | NUR HABIBAH |
Date Deposited: | 18 Dec 2015 01:51 |
Last Modified: | 18 Dec 2015 01:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2703 |
Actions (login required)
View Item |