ANTIN RISKI AMELIA, 12205183218 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ALAT PERAGA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 MI MANBA’UL ‘ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (489kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (757kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Antin Riski Amelia, NIM. 12205183218. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU Tulungagung), pembimbing oleh Dr. Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Media Alat Peraga, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya keluh kesah guru saat pembelajaran tatap muka yang sudah dilaksanakan kembali. Khususnya ketika menghadapi siswa yang berada dikelas rendah. Hal ini terjadi karena pada saat pandemi covid-19 siswa belajar secara daring, hal tersebut membuat siswa menjadi malas berfikir, kurang semangat dalam belajar, serta kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Jadi saat ini, guru dituntut ekstra keras untuk membangun kembali pola pikir siswa agar mempunyai motivasi belajar serta membangun kembali keaktifan siswa. Maka dari itu peneliti menggunakan media alat peraga supaya mempermudah dan mempercepat pemahaman materi serta siswa akan lebih semangat jika pembelajaran tidak hanya ceramah saja. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) adakah pengaruh penggunaan media alat peraga terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas 2 MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran, 2) adakah pengaruh penggunaan media alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 2 MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran, dan 3) adakah pengaruh penggunaan media alat peraga terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas 2 MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperiment, yaitu jenis eksperiment semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran yang berjumlah 78 siswa dan terbagi menjadi empat kelas. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan kelas 2A berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperiment dan kelas 2B berjumlah 18 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data: 1) angket, 2) tes, dan 3) dokumentasi. Setelah data penelitian terkumpul kemudian dianalisis, maka uji analisis yang digunakan adalah uji MANOVA Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan media alat peraga terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. 1) Nilai rata-rata hasil motivasi siswa kelas kontrol sebesar 74,94, dan pada kelas eksperimen sebesar 79,95. Hasil uji statistik diperoleh F hitung sebesar 7,075 dengan signifikansi 0,012. 2) Nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 67,78, dan pada kelas eksperiment sebesar 83,00. Hasil uji statistik diperoleh F hitung sebesar 15,402 dengan signifikansi 0,000. 3) Hasil uji MANOVA yaitu harga F untuk Pillai’s Trace, Wilks’s Lamda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root pada kelas memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000. Sehingga ada pengaruh penggunaan media alat peraga terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183218 ANTIN RISKI AMELIA |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 07:23 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 07:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27110 |
Actions (login required)
View Item |