PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ALAT PERAGA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 MI MANBA’UL ‘ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG

ANTIN RISKI AMELIA, 12205183218 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ALAT PERAGA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 MI MANBA’UL ‘ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Antin Riski Amelia, NIM. 12205183218. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU Tulungagung), pembimbing oleh Dr. Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Media Alat Peraga, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya keluh kesah guru saat pembelajaran tatap muka yang sudah dilaksanakan kembali. Khususnya ketika menghadapi siswa yang berada dikelas rendah. Hal ini terjadi karena pada saat pandemi covid-19 siswa belajar secara daring, hal tersebut membuat siswa menjadi malas berfikir, kurang semangat dalam belajar, serta kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Jadi saat ini, guru dituntut ekstra keras untuk membangun kembali pola pikir siswa agar mempunyai motivasi belajar serta membangun kembali keaktifan siswa. Maka dari itu peneliti menggunakan media alat peraga supaya mempermudah dan mempercepat pemahaman materi serta siswa akan lebih semangat jika pembelajaran tidak hanya ceramah saja. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) adakah pengaruh penggunaan media alat peraga terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas 2 MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran, 2) adakah pengaruh penggunaan media alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 2 MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran, dan 3) adakah pengaruh penggunaan media alat peraga terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas 2 MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperiment, yaitu jenis eksperiment semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran yang berjumlah 78 siswa dan terbagi menjadi empat kelas. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan kelas 2A berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperiment dan kelas 2B berjumlah 18 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data: 1) angket, 2) tes, dan 3) dokumentasi. Setelah data penelitian terkumpul kemudian dianalisis, maka uji analisis yang digunakan adalah uji MANOVA Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan media alat peraga terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. 1) Nilai rata-rata hasil motivasi siswa kelas kontrol sebesar 74,94, dan pada kelas eksperimen sebesar 79,95. Hasil uji statistik diperoleh F hitung sebesar 7,075 dengan signifikansi 0,012. 2) Nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 67,78, dan pada kelas eksperiment sebesar 83,00. Hasil uji statistik diperoleh F hitung sebesar 15,402 dengan signifikansi 0,000. 3) Hasil uji MANOVA yaitu harga F untuk Pillai’s Trace, Wilks’s Lamda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root pada kelas memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000. Sehingga ada pengaruh penggunaan media alat peraga terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183218 ANTIN RISKI AMELIA
Date Deposited: 11 Jul 2022 07:23
Last Modified: 11 Jul 2022 07:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27110

Actions (login required)

View Item View Item