STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PEDAGANG MELALUI ANALISIS SWOT

BINTANG SYAHRIAR RIDWAN, 17402163392 (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PEDAGANG MELALUI ANALISIS SWOT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (75kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (54kB)

Abstract

ABSTRAK Bintang Syahriar Ridwan. NIM. 17402163392, yang dibimbing oleh Dr. H. Dede Nurrohman, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya pasar modern, di mana hal itu berdampak pada keberadaan pasar tradisional maupun kelompok pedagang atau usaha pasar tradisional. Di tengah persaingan ini pihak pengelola pasar harus mampu memilih strategi pengelolaan yang tepat. Yakni dengan memaksimalkan kekuatan dan peluang yang dimiliki untuk meminimalisir kelemahan dan ancaman yang muncul di masa mendatang. Sebagaimana pasar tradisonal Ngunut Tulungagung, yang sebagian besar para pedagangnya menggantungkan perkerjaan sehari-hari dari pasar. Maka dari itu, keberadaan pasar sangatlah berpengaruh bagi roda perekonomian mereka. Selanjutnya pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara secara mendalam terhadap informan, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan teknis Analisis SWOT yang berisi kolaborasi antara faktor internal dan eksternal perusahaan dalam penelitian ini pasar tradisional Ngunut Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dari hasil analisis SWOT mempunyai 4 strategi yaitu, Strategi SO: Melakukan revitalisasi pasar serta renovasi fasilitas maupun insfrastruktur, Meningkatkan dan menjaga kebersihan pasar, mempertahankan pelayanan untuk pembeli, Tetap melakukan kerjasama antara pengelola pasar dan penjual, terakhir memaksimalkan kemajuan teknologi media masa. Strategi WO: Pihak pengelola pasar memberikan pengarahan kepada pedagang demi kepentingan bersama dan Pihak pengelola memberikan program bantuan pinjaman dana dari koperasi kepada penjual atau pelaku usaha untuk modal. Strategi ST: Penjual tetap telaten berupaya menjaga kualitas produk dagangan, Terus melakukan promosi kepada masyarakat baik lewat media maupun secara langsung kepada pembeli, Memberikan harga yang terjangkau dengan kualitas baik, dan Meningkatkan jaringan unutk mengantisipasi jika harga komoditas dan produksi yang naik. Strategi WT: Melakukan sosialisasi untuk memantik inovasi dan kreatifitas penjual agar tidak kalah saing dan berusaha menjalin hubungan baik (konsumen). (2) Sebagaimana hasil analisis SWOT yang menunjukkan pada kuadran I, maka upaya yang tepat bagi pihak pengelola pasar Ngunut Tulungagung dapat menggunakan strategi SO dalam pengelolaan pasar khususnya aspek kepuasan, penjualan, dan insfrastruktur pasar. Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Pasar Tradisional, Kepuasan Pedagang

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pasar
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 17402163392 Bintang syahriar ridwan
Date Deposited: 12 Jul 2022 07:08
Last Modified: 12 Jul 2022 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27122

Actions (login required)

View Item View Item