STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN POLA KOMUNIKASI PADA PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS 3 DI MIN 7 BANDUNG TULUNGAGUNG

AMELISA CANDRA PRAMISTI, 12205183203 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN POLA KOMUNIKASI PADA PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS 3 DI MIN 7 BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Pola Komunikasi Pada Proses Pembelajaran Siswa Kelas 3 Di MIN 7 Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Amelisa Candra Pramisti, NIM : 12205183203., Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Drs. H. Jani, M.M. M.Pd. Kata Kunci: Strategi guru, Pola Komunikasi, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran daring. Tentu proses pembelajaran daring sangat berbeda dari pembelajaran tatap muka. Hal ini menyebabkan motivasi belajar yang dimiliki siswa menurun karena belum terbiasa dengan sistem pembelajaran daring. Maka dari itu kemampuan guru dalam berkomunikasi baik ketika menyampaikan pembelajaran ataupun di lingkungan sekolah sangatlah penting. Agar motivasi siswa dapat meningkat kembali maka guru harus melakukan pembaruan dalam berkomunikasi agar pembelajaran tidak bersifat monoton. Salah satu cara yang dapat diterapkan guru yaitu dengan menggunakan pola dalam komunikasi. Pola komunikasi ini digunakan guru untuk memberikan variasi komunikasi agar motivasi belajar siswa dapat meningkat. Salah satu madrasah yang menerapkan pola komunikasi tersebut yaitu MIN 7 Tulungagung Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pola komunikasi satu arah guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring di MIN 7 Tulungagung? (2) Bagaimana strategi pola komunikasi dua arah guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring di MIN 7 Tulungagung? (3) Bagaimana peran pola komunikasi multi arah guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring di MIN 7 Tulungagung? Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan strategi pola komunikasi satu arah guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring di MIN 7 Tulungagung (2) mendeskripsikan strategi pola komunikasi dua arah guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring di MIN 7 Tulungagung (3) mendeskripsikan peran pola komunikasi multi arah guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring di MIN 7 Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjang keikutsertaan peneliti, dan triangulasi. Hasil Penelitian meliputi :(1) Strategi komunikasi satu arah merupakan penerapan pola komunikasi dimana guru lebih dominan dalam menjelaskan materi pada pelaksanaan pembelajaran. Strategi guru MIN 7 Bandung Tulungagung dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan pola komunikasi dengan menjelaskan materi sebanyak mungkin kepada siswa. Adapun, metode yang digunakan ialah metode ceramah. (2) Strategi komunikasi dua arah dalam proses pembelajaran ialah penerapan komunikasi tatap muka antara guru dan siswa. Adapun peran guru MIN 7 Bandung Tulungagung untuk meningkatkan pola komunikasi dua arah dengan cara memberikan stimulus, mentransfer ilmu dan saling berhubungan timbal balik mengenai materi yang disampaikan. Metode yang digunakan ialah metode tanya jawab. (3) Strategi komunikasi multi arah dalam proses pembelajaran ialah, dimana anatara guru dan siswa dapat melangsungkan timbal baik, dan siswa dapat berperan secara aktif. Peran yang dilakukan guru dalam meningkatkan pola komunikasi multi arah dengan cara mengajak siswa untuk berdiskusi dengan menggunakan metode pembelajaran berkelompok.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183203 AMELISA CANDRA PRAMISTI
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:22
Last Modified: 13 Jul 2022 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27194

Actions (login required)

View Item View Item