ANALISIS FAKTOR HARGA, PENDAPATAN, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN DALAM BERBELANJA DI PASAR SRENGAT KABUPATEN BLITAR

SINTA INDAH INTAN PERMATA SARI, 12402173065 (2021) ANALISIS FAKTOR HARGA, PENDAPATAN, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN DALAM BERBELANJA DI PASAR SRENGAT KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Faktor Harga, Pendapatan, Dan Kualitas Produk Terhadap Preferensi Konsumen Dalam Berbelanja di Pasar Srengat Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Sinta Indah Intan Permata Sari, NIM. 12402173065, jurusan Ekonomi Syariah dengan pembimbing Ahmad Budiman, M.S.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beragamnya preferensi belanja yang dimiliki oleh konsumen. Dengan preferensi yang sudah dimiliki, maka seorang konsumen akan membandingkan dan memilah-milah tempat belanja berdasarkan karakteristik mereka. Apabila sudah sesuai dengan kriterianya, maka tempat belanja itu akan menjadi langganan mereka. Seorang konsumen kala berbelanja di pasar tentu didasarkan preferensi yang telah dimilikinya. Preferensi konsumen tersebut dipengaruhi oleh beberapa aspek, diantaranya aspek harga, pendapatan, dan mutu produk. Berbagai faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam berbelanja, maka peneliti menguji pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap preferensi konsumen dalam berbelanja. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana pengaruh faktor harga terhadap preferensi konsumen belanja di Pasar Srengat?, (2) bagaimana pengaruh faktor pendapatan terhadap preferensi konsumen belanja di Pasar Srengat?, (3) bagaimana pengaruh faktor kualitas produk terhadap preferensi konsumen belanja di Pasar Srengat?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Sedangkan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dan quota sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan antara lain: uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji ultikolinearitas, dan uji heterokedastisitas, uji regresi linear berganda, uji hipotesis, meliputi uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) secara parsial harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi konsumen dalam berbelanja di Pasar Srengat Kabupaten Blitar, (2) secara parsial pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi konsumen dalam berbelanja di Pasar Srengat Kabupaten Blitar, (3) secara parsial kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi konsumen dalam berbelanja di Pasar Srengat Kabupaten Blitar. Kata Kunci: Harga, Pendapatan, Kualitas Produk, Preferensi Konsumen

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Konsumen
Ekonomi > Pasar
Ekonomi > Pendapatan
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173065 SINTA INDAH INTAN PERMATA SARI
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:54
Last Modified: 19 Jul 2022 02:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27302

Actions (login required)

View Item View Item