KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK DI SMPN I KANIGORO KABUPATEN BLITAR

KRISWANTO, 12211173050 (2022) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK DI SMPN I KANIGORO KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Cahaya dan Alat Optik di Smpn 1 Kanigoro Kabupaten Blitar” di tulis oleh Kriswanto, NIM. 12211173050, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing: Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Pemecahan masalah, penyelesaian soal, materi cahaya dan alat optik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan memecahkan masalah siswa masih sangat rendah, sehingga kemampuan pemecahan masalah siswa perlu dilatih. Proses siswa dalam memecahkan soal yang terdapat dalam setiap indikator pemecahan soal inilah yang penting untuk diketahui. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan langkah-langkah pemecahan masalah oleh Polya, yang terdiri dari empat indikator yaitu: (1) memahami masalah, (2) membuat rencana, (3) melaksanakan rencana, (4) memeriksa kembali hasil jawaban. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berkemampuan akademik tinggi dalam menyelesaikan soal fisika pada materi cahaya dan alat optik, (2) untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berkemampuan akademik sedang dalam menyelesaikan soal fisika pada materi cahaya dan alat optik, (3) untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berkemampuan akademik rendah dalam menyelesaikan soal fisika pada materi cahaya dan alat optik. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pemilihan subjek berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes tulis, dan wawancara. Pengambilan data dimulai dengan mennganalisis hasil PAS ganjil dan soal tes yang disesuaikan dengan indikator kemampuan pemecahan masalah, dari hasil PAS dan tes, siswa dikelompokkan menjadi tiga kategori (kategori tinggi, kategori sedang, kategori rendah) yang diwakili 1 subjek dari setiap kelompok kategori. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pada kategori berkemampuan akademik tinggi, siswa mampu menyelesaikan semua soal fisika pada materi cahaya, dan alat optik dengan memenuhi semua indikator pemecahan masalah Polya, (2) pada kategori berkemampuan akademik sedang, siswa mampu menyelesaikan tiga soal dari lima soal fisika pada materi cahaya dan alat optik, dan dua dari ketiga jawaban tersebut memenuhi semua indikator pemecahan masalah Polya, (3) pada kategori berkemampuan akademik rendah, siswa mampu menyelesaikan tiga soal dari lima soal fisika pada materi cahaya dan alat optik, dan satu dari ketiga jawaban tersebut memenuhi indikator pemecahan masalah Polya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kesulitan Belajar
Fisika > Optik
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211173050 KRISWANTO
Date Deposited: 14 Jul 2022 08:03
Last Modified: 14 Jul 2022 08:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27347

Actions (login required)

View Item View Item