PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN DAN PENGALAMAN PEMBELIAN MASYARAKAT TULUNGAGUNG TERHADAP MINAT BELI PRODUK ONLINE PADA MARKETPLACE (Studi Kasus Pada Pengguna Marketplace Shopee di Tulungagung)

WULAN ARUM SARI, 12402183053 (2022) PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN DAN PENGALAMAN PEMBELIAN MASYARAKAT TULUNGAGUNG TERHADAP MINAT BELI PRODUK ONLINE PADA MARKETPLACE (Studi Kasus Pada Pengguna Marketplace Shopee di Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (613kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Pengalaman Masyarakat Tulungagung Terhadap Minat Beli Produk Online Pada Marketplace (Studi Kasus Pada Pengguna Marketplace Shopee di Tulungagung)” ini ditulis oleh Wulan Arum Sari, NIM. 12402183053 jurusan Ekonomi Syariah, dengan pembimbing Prof. Dr. Ngainun Naim, M.H.I. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih yang menimbulkan maraknya bisnis online melalui marketplace. Sehingga menyebabkan persaingan yang ketat antar marketplace. Sehingga perusahaan harus memperhatikan hal-hal yang penting agar konsumen tetap berminat berbelanja di marketplace shopee daripada marketplace lain. Hal utama yang perlu diperhatikan agar perusahaan tetap eksis yaitu memperbaiki dan meningkatkan kepercayaan konsumen dan memberikan pengalaman yang baik. Mengingat kepercayaan dan pengalaman pembelian merupakan hal yang penting dalam bisnis online. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) Apakah kepercayaan konsumen berpengaruh terhadap minat beli produk online masyarakat Tulungagung pada marketplace shopee? (2) Apakah pengalaman pembelian berpengaruh terhadap minat beli produk online masyarakat Tulungagung pada marketplace shopee? (3) Apakah terdapat pengaruh kepercayaan konsumen dan pengalaman pembelian terhadap minat beli produk online masyarakat Tulungagung pada marketplace shopee? Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini 100 responden. Skala pengukuran yang digunakan yaitu skala liker. Analisis data yang digunakan yaitu meliputi: uji validitas dan uji realibilitas, uji asumsi klasik meliputi: uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, uji regresi linier berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesi yaitu uji t dan uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk online masyarakat Tulungagung pada marketplace shopee. Berdasarkan hasil uji t yang diperoleh nilai t hitung sebesar 4,251 dan koefisien regresi sebesar 0,242 dengan nilai signifikan sebesar 0,000. (2) Pengalaman pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk online masyarakat Tulungagung pada marketplace shopee. Berdasarkan hasil uji t yang diperoleh nilai t hitung sebesar 5,022 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,320 dengan nilai signifikan sebesar 0,000. (3) Kepercayaan konsumen dan pengalaman pembelian secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk pada marketplace shopee. Berdasarkan uji f yang menunjukkan nilai f hitung sebesar 59,872 > 3,09, dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kata Kunci: Kepercayaan, Pengalaman Pembelian, Minat Beli

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Belanja Online
Ekonomi > E-Commerce
Ekonomi > Konsumen
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402183053 WULAN ARUM SARI
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:44
Last Modified: 15 Jul 2022 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27388

Actions (login required)

View Item View Item