DISPOSISI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT MATERI SPLTV KELAS X SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK

FIYA HABIBATURROHMAH, 12204183044 (2022) DISPOSISI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT MATERI SPLTV KELAS X SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Disposisi Matematis Siswa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert Materi SPLTV Kleas X SMK Islam 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Fiya Habibaturrohmah, NIM. 12204183044, Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Disposisi Matematis, Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert, SPLTV Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sikap siswa yang cenderung pasif saat pembelajaran matematika. Padahal dalam tujuan pembelajaran matematika tercantum bahwa salah satu hal yang harus dikembangkan dalam proses pembelajaran adalah ranah afektif (sikap). Salah satu ranah afektif dalam pembelajaran matematika yaitu disposisi matematis. Disposisi matematis merupakan kecenderungan seseorang untuk bersikap positif terhadap matematika yang meliputi rasa percaya diri, tekun, rasa ingin tahu, berpikir fleksibel serta reflectife saat menyelesaikan masalah. Disposisi matematis setiap orang berbeda, hal ini disebabkan karena tipe kepribadian yang berbeda. Tipe kepribadian yang dimaksud yaitu meliputi tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Siswa yang memiliki kepribadian introvert cenderung diam, pasif tertutup serta percaya kepada dirinya sendiri. Sebaliknya siswa memiliki kepribadian ekstrovert cenderung lebih banyak bicara dan bersikap lincah. Disposisi matematis dengan tipe kepribadian siswa tersebut dapat dilihat melalui hasil pengerjaan soal sistem persamaan linear tiga variabel. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan disposisi matematis siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert dalam menyelesaikan SPLTV kelas X SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. 2) Mendeskripsikan disposisi matematis siswa dengan tipe kepribadian introvert dalam menyelesaikan SPLTV kelas X SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMK Islam I Durenan yang diikuti oleh kelas X Multimedia 2 yang berjumlah 23 siswa. Dari 23 siswa dipilih 4 siswa sebagai subjek yang digolongkan berdasarkan tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui: 1) Disposisi matematis siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert dalam menyelesaikan SPLTV kelas X SMK Islam 1 Durenan Trenggalek mampu mencapai 4 indikator disposisi matematis, yaitu self confidence, self efficacy, flexibility, dan reflectife. 2) Disposisi matematis siswa dengan tipe kepribadian introvert dalam menyelesaikan SPLTV kelas X SMK Islam 1 Durenan Trenggalek mampu mencapai 6 indikator disposisi matematis, yaitu self confidence, self efficacy, curriousity, diligence, flexibility, dan reflectife.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183044 FIYA HABIBATURROHMAH
Date Deposited: 15 Jul 2022 04:03
Last Modified: 15 Jul 2022 04:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27405

Actions (login required)

View Item View Item