KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN MEMBACA DAN KETRAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS II DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG

SUCI OCTAVIANY, 12205183302 (2022) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN MEMBACA DAN KETRAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS II DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)

Abstract

ABSTRAK Suci Octaviany, NIM. 12205183302. Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meningkatkan Ketrampilan Membaca dan Ketrampilan Menulis Peserta Didik Kelas II di MI Darul Huda Pojok Ngantru. Skripsi. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Bapak Suwanto, M.S.I Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Ketrampilan Membaca, Ketrampilan Menulis Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya memiliki ketrampilan membaca dan menulis bagi setiap individu. Peserta didik kelas II di MI Darul Huda mayoritas memiliki ketrampilan membaca dan menulis yang baik, meskipun demikian masih ditemukan beberapa peserta didik yang kesulitan dalam menbaca dan menulis. Membaca dan menulis merupakan suatu hal yang penting bag i peserta didik agar dapat mengikuti proses pembelajaran dengan maksimal. Maka dari itu diperlukan kompetensi guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran agar mampu mendukung peningkatan ketrampilan membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat, serta 3) mendeskripsikan solusi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasai hambatan dalam proses meningkatkan ketrampilan membaca dan menulis peserta didik kelas II di MI Darul Huda Pojok Ngantru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah sebagai berikut : 1) dalam merencanakan pembelajaran guru mengamati kondisi kelas dan peserta didik serta peserta didik yang kurang trampil membaca dan menulis dijadikan acuan dalam pembuatan RPP, sedangkan dalam pelaksanaannya guru meminta peserta didik untuk membaca secara bersama-sama, menggunakan media gambar dan bagi peserta didik yang kurang trampil membaca akan diminta untuk duduk di depan. 2) Faktor pendukung dalam meningkatkan ketrampilan membaca dan menulis adalah buku pelajaran yang memuat bacaan, guru profesional, dan bimbingan orang tua, sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak adanya perpustakaan dan konsentrasi peserta didik rendah. 3) Solusi yang dilakukan oleh guru adalah menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan, kerja sama dengan orang tua, dan melaksanakan bimbingan pada jam pulang sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Bahasa Dan Sastra > Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183302 SUCI OCTAVIANY
Date Deposited: 15 Jul 2022 06:06
Last Modified: 15 Jul 2022 06:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27413

Actions (login required)

View Item View Item