ANALISIS PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA PADA HOME INDUSTRI KERUPUK GAYATRI DESA PLANDAAN

SHANIA FEBRIAN NURSAPUTRI, 12405183019 (2022) ANALISIS PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA PADA HOME INDUSTRI KERUPUK GAYATRI DESA PLANDAAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (525kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Pada Home Industri Kerupuk Gayatri Desa Plandaan” ini ditulis oleh Shania Febrian Nursaputri, NIM 12405183019, Pembimbing Dr. H. Mashudi, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh industri rumah tangga yang bergerak dibidang makanan khususnya camilan Didesa Plandaan tepatnya Kerupuk Bawang Gayatri, strategi pemasaran yang diterapkan namun ternyata masih kurang. Agar home industri kerupuk gayatri dapat berkembang dalam persaingan usaha makanan yang sama diluar dengan kompetitor maka dibutuhkan strategi pemasaran yang baik sehingga dapat bersaing dan menghadapi persaingan usaha. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan strategi pemasaran home industry krupuk gayatri dalam menghadapi persaingan usaha? (2) Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi pemasaran home industry krupuk gayatri? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta menggunakan Teknik analisis data dan pengecekan keabsahan temuan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Penerapan strategi pemasaran home industri krupuk gayatri dalam menghadapi persaingan usaha adalah dengan menentukan lokasi pangsa pasar sebelum melakukan proses pemasaran. Melalui strategi Marketing Mix 7P, antara lain: Product (Produk), berencana menambah varian rasa dari sarden dan menggunakan bahan baku yang berkualitas. Price (Harga), dengan mematok harga yang sangat terjangkau untuk semua kalangan. Place (Tempat), memiliki tempat strategis yang mudah dicari dan tidak jauh dari jalan raya. Promotion (Promosi), melalui mulut ke mulut, masuk pasar-pasar di Tulungagung, dan melalui media sosial. People (Orang), memiliki satu karyawan yang ditempatkan untuk membantu proses produksi dan terutama pengemasan. Process (Proses), semua proses produksi dilakukan dengan baik mulai dari produksi hingga ketangan konsumen. Physical Evidence (Bukti Fisik), memberikan pelayanan yang memuaskan pada konsumen. (2) Faktor Pendukung, dengan melihat luas tidaknya pangsa pasar menentukan keberhasilan suatu proses pemasaran, Harga Jual, menentukan yang kompetitif dan sasaran semua kalangan, Memperkuat Brand dengan mengunggulkan brand akan membuat produk semakin dikenal dan menarik minat konsumen. Faktor Penghambat, Faktor modal, menggunakan modal sendiri menjadi salah satu penentu akan persediaan kerupuk yang di produksi, Faktor Bahan, menggunakan bahan dasar tepung terigu, ketika tepung terigu sedang naik, tetap mengambilnya karena terigu bahan dasar utama yang tidak bisa digantikan. Faktor Manajemen, produksi membutuhkan waktu seharian. Proses produksi harus diatur dengan baik agar dapat memenuhi permintaan konsumen tepat waktu. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Menghadapi Persaingan Usaha, Kerupuk Gayatri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Entrepreneur
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183019 Shania Febrian Nursaputri
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:55
Last Modified: 21 Jul 2022 01:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27423

Actions (login required)

View Item View Item