MEKANISME PEMBAYARAN UPAH KARYAWAN MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH (Studi di UD. Karaman Tulungagung)

RAHMA CARAKA SETIAWAN, 12101173030 (2022) MEKANISME PEMBAYARAN UPAH KARYAWAN MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH (Studi di UD. Karaman Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)

Abstract

ABSTRAK Mekanisme Pembayaran Upah Karyawan Pada Masa Pandemi Covid-19 ) Perspektif Fiqih Muamalah Musonnif, M.H.I. Kata Kunci: Mekanisme Upah, Covid-19, Fiqih Muamalah Jurusan Hukum Ekonomi , Pembimbing : Dr. Ahmad Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Mekanisme Pembayaran Upah Karyawan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi di UD. Karaman Tulungagung), Semenjak corona datang pemilik sekaligus pengelola UD. Karaman menjelaskan pada peneliti, bahwa penghasilan turun drastis, terpaksa ia harus memanajemen mekanisme pembayaran upah karyawan supaya perusahaan tetap bisa berjalan. Hal ini membuat peneliti semakin semangat untuk melakukan penelitian, sebab apa yang dijelaskan oleh pemilik UD. Karaman serta melihat kondisi karyawan di lapangan agaknya harus diteliti secara mendalam berdasarkan perspektif fiqh muamalah. Rumusan Masalah: 1) Bagaimana mekanisme pembayaran upah karyawan pada pada UD. Karaman di Tulungagung pada masa pandemi Covid-19? 2) Bagaimana pandangan konsep fiqih muamalah terhadap mekanisme pembayaran upah UD. Karaman di Tulungagung pada masa pandemi Covid-19? Metode Penelitian: adapun pendekatan atau metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research), dengan cara menganalisis data yang diperoleh secara deskriptif analisis. Teknik analisis datanya yaitu menggunakan teknik analisis deduktif; reduksi data, paparan dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Dalam aspek pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara secara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil Penelitian: 1) Dalam masa pandemi Covid-19 UD. Karaman mengalami penurunan pendapatan sangat drastis, hal ini menyebabkan pendapatan upah karyawan yang sebelumnya mendapatkan upah 1 minggu sekali dan setelah Covid-19 karyawan mendapatkan uapah yang tidak pasti. 2) Mekanisme pembayaran upah di UD. Karaman Tulungagung ini sesuai dengan sistem hukuim Islam atau fiqih muamalah, meskipun jika dilihat berdasarkan syarat-syarat akad dalam ijarah yaitu adanya persetujuan atau kerelaan kedua bela pihak, sistem pembayaran upah pada UD. Karaman ada unsur keterpaksaan yang dialamai oleh karyawan, namun hal ini tidak sampai membatalkan akad dalam ijarah sebab adanya kondisi yang tanpa disengaja yaitu pandemi, sehingga karyawan dan pemilik sama-sama berjuang supaya UD. Karaman ini tetap bisa berjalan dan membantu kehidupan mereka.

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > Upah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12101173030 Rahma Caraka Setiawan
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:51
Last Modified: 19 Jul 2022 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27432

Actions (login required)

View Item View Item