KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS VII DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU

LIANA KRISDIAN HIDAYAH, 12204183139 (2022) KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS VII DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (564kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (446kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas VII dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Bentuk Aljabar di SMP Negeri 3 Kedungwaru” ini ditulis oleh Liana Krisdian Hidayah, NIM. 12204183139, pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Pemecahan Masalah Matematika, dan Bentuk Aljabar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak siswa kelas VII yang mengalami kesulitan dalam melakukan pemecahan masalah matematika terutama pada soal materi bentuk aljabar. Kesulitan tersebut megakibatkan kesalahan yang sering dilakukan siswa ketika mengklasifikasikan informasi, membandingkan informasi, melakukan operasi hitung matematika, menggunakan penalaran induktif maupun deduktif dalam pemecahan masalah matematika, serta membuat dugaan sementara dan memeriksa kembali. Kesalahan yang dilakukan berkaitan dengan kecerdasan logis matematis yang dimiliki oleh setiap siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kecerdasan logis matematis siswa kelas VII berkemampuan tinggi dalam pemecahan masalah matematika pada materi Bentuk Aljabar di SMP Negeri 3 Kedungwaru, (2) untuk mendeskripsikan kecerdasan logis matematis siswa kelas VII berkemampuan sedang dalam pemecahan masalah matematika pada materi Bentuk Aljabar di SMP Negeri 3 Kedungwaru, (3) untuk mendeskripsikan kecerdasan logis matematis siswa kelas VII berkemampuan rendah dalam pemecahan masalah matematika pada materi Bentuk Aljabar di SMP Negeri 3 Kedungwaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi dengan pengambilan data sebanyak 6 subjek. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan tahap-tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji kreadibilitas meliputi perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan logis matematis siswa dengan kemampuan tinggi dalam pemecahan masalah matematika pada materi bentuk aljabar mampu mengklasifikasikan informasi, membandingkan informasi, melakukan operasi hitung matematika, menggunakan penalaran induktif maupun deduktif, serta membuat dugaan sementara mengenai jawaban dan memeriksa kembali dugaan yang telah dibuat. (2) Kecerdasan logis matematis siswa dengan kemampuan sedang dalam pemecahan masalah matematika pada materi bentuk aljabar mampu mengklasifikasikan informasi, membandingkan informasi, dan melakukan operasi hitung matematika. (3) Kecerdasan logis matematis siswa dengan kemampuan rendah dalam pemecahan masalah matematika pada materi bentuk aljabar hanya mampu mengklasifikasikan informasi dan membandingkan informasi yang ada pada masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183139 LIANA KRISDIAN HIDAYAH
Date Deposited: 15 Jul 2022 04:38
Last Modified: 15 Jul 2022 04:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27437

Actions (login required)

View Item View Item