HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS TERHADAP MOTIVASI PEMBELAJARAN DARING DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII DI MTsN 5 KEDIRI

ANA FARIDA, 12204183114 (2022) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS TERHADAP MOTIVASI PEMBELAJARAN DARING DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII DI MTsN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (363kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Hubungan Antara kemampuan Penalaran Matematis Terhadap Motivasi Pembelajaran Daring dan Hasil Belajar Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII di MTsN 5 Kediri” ditulis oleh Ana Farida, NIM 12204183114, pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Motivasi Pembelajaran Daring, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan penalaran matematis siswa yang kurang maksimal, sehingga mengakibatkan motivasi pembelajaran daring dan hasil belajar siswa menurun. Oleh karena itu diperlukan peningkatan dan pengembangan kemampuan penalaran matematis siswa dengan cara guru memberikan latihan-latihan soal penalaran, soal pemecahan masalah, dan melakukan pembelajaran yang inovatif. Hal ini sejalan dengan penelitian Sappaile (2007) yang mengatakan bahwa: (1) kemampuan penalaran matematis berkaitan erat terhadap hasil belajar, (2) motivasi belajar berkaitan erat terhadap hasil belajar matematika, (3) kemampuan penalaran matematis dan motivasi belajar secara bersama-sama berkaitan erat dengan prestasi dan hasil belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hubungan antara kemampuan penalaran matematis terhadap motivasi pembelajaran daring pada materi teorema pythagoras kelas VIII di MTsN 5 Kediri, dan 2) untuk mengetahui hubungan antara kemampuan penalaran matematis terhadap hasil belajar siswa pada materi teorema pythagoras kelas VIII di MTsN 5 Kediri. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-postfacto menggunakan metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematis dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah motivasi pembelajaran daring dan hasil belajar siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada hubungan antara kemampuan penalaran matematis terhadap motivasi pembelajaran daring pada materi teorema pythagoras kelas VIII di MTsN 5 Kediri, 2) Ada hubungan antara kemampuan penalaran matematis terhadap hasil belajar siswa pada materi teorema pythagoras kelas VIII di MTsN 5 Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > E-Learning
Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183114 Ana Farida
Date Deposited: 15 Jul 2022 05:04
Last Modified: 15 Jul 2022 05:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27447

Actions (login required)

View Item View Item