M. ALI ILHAM MUDIN, 12207183109 (2022) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MAN 4 JOMBANG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (849kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (239kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (923kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Peran Kepala Madrasah sebagai Motivator dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MAN 4 Jombang. Adapun metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu informasi berupa huruf bukan angka. Adapun Informan dalam penelitian ini adalah Kepala madrasah, Guru dan Peserta Didik. Kunci Informan pada penelitian ini ialah Kepala madrasah karena setiap hari terlibat secara langsung dengan kegiatan tenaga pendidik dalam proses pembelajaran di MAN 4 Jombang. Teknik Pengumpulan data ialah menggunakan teknik wawancara/interview, observasi, dan dokumentasi. Uji Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Peran Kepala Madrasah sebagai Motivator dalam Meningkatkan kinerja guru sudah baik karena dari beberapa indikator sudah banyak yang terlaksana, adapun indikatornya ialah: pengaturan lingkungan kerja yang kondusif, memberikan dorongan, penghargaan, serta penyediaan sumber atau media belajar. Sedangkan untuk kinerja guru pun sudah cukup baik, karena dari beberapa indikator hampir semua terlaksana. Adapun indikatornya ialah: `(1) pengaturan lingkungan kerja yang kondusif (a) suasana kerja (b) hubungan dengan rekan kerja (c) fasilitas kerja, (2) memberikan dorongan pada (a) perencanaan pembelajaran (b) pelaksanaan pembelajaran (c) evaluasi pembelajaran, (3) penghargaan (a) reward (b) pembinaan partisipan, dan (1) penyediaan sumber atau media belajar (a) media belajar (b) sumber belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meninkatkan kinerja guru sangatlah memberikan kontribusi yang baik terhadap kemajuan kualitas pembelajaran sehingga dapat mendorong mutu pendidikan dimana kinerja para tenaga pendidik merupakan kunci keberhasilan dalam dunia pendidikan. Kata kunci: peran kepala madrasah, motivasi, kinerja guru
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Kepala Sekolah Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207183109 M. ALI ILHAM MUDIN |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 07:11 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 07:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27513 |
Actions (login required)
View Item |