PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MAN 4 JOMBANG

M. ALI ILHAM MUDIN, 12207183109 (2022) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MAN 4 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (849kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (923kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Peran Kepala Madrasah sebagai Motivator dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MAN 4 Jombang. Adapun metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu informasi berupa huruf bukan angka. Adapun Informan dalam penelitian ini adalah Kepala madrasah, Guru dan Peserta Didik. Kunci Informan pada penelitian ini ialah Kepala madrasah karena setiap hari terlibat secara langsung dengan kegiatan tenaga pendidik dalam proses pembelajaran di MAN 4 Jombang. Teknik Pengumpulan data ialah menggunakan teknik wawancara/interview, observasi, dan dokumentasi. Uji Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Peran Kepala Madrasah sebagai Motivator dalam Meningkatkan kinerja guru sudah baik karena dari beberapa indikator sudah banyak yang terlaksana, adapun indikatornya ialah: pengaturan lingkungan kerja yang kondusif, memberikan dorongan, penghargaan, serta penyediaan sumber atau media belajar. Sedangkan untuk kinerja guru pun sudah cukup baik, karena dari beberapa indikator hampir semua terlaksana. Adapun indikatornya ialah: `(1) pengaturan lingkungan kerja yang kondusif (a) suasana kerja (b) hubungan dengan rekan kerja (c) fasilitas kerja, (2) memberikan dorongan pada (a) perencanaan pembelajaran (b) pelaksanaan pembelajaran (c) evaluasi pembelajaran, (3) penghargaan (a) reward (b) pembinaan partisipan, dan (1) penyediaan sumber atau media belajar (a) media belajar (b) sumber belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meninkatkan kinerja guru sangatlah memberikan kontribusi yang baik terhadap kemajuan kualitas pembelajaran sehingga dapat mendorong mutu pendidikan dimana kinerja para tenaga pendidik merupakan kunci keberhasilan dalam dunia pendidikan. Kata kunci: peran kepala madrasah, motivasi, kinerja guru

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Kepala Sekolah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183109 M. ALI ILHAM MUDIN
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:11
Last Modified: 15 Jul 2022 07:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27513

Actions (login required)

View Item View Item