MUHAMMAD FARIS DANIAL, 12201183082 (2022) PEMBELAJARAN GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTSN 2 TULUNGAGUNG”. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (339kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembelajaran Guru Fiqih dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung” ditulis oleh Muhammad Faris Danial, NIM 12201183082, Program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Hasanal Khuluqi, M.Ag Kata Kunci : Pembelajaran Guru Fiqih, Kualitas Belajar, Peserta Didik Penelitian skripsi ini berlatarbelakang permasalahan yang dialami guru fiqih dalam peralihan pembelajaran daring kembali ke pembelajaran luring. Permasalahan itu berupa keadaan peserta didik yang mengalami Lost Learning yang disebabkan pembelajaran daring sehingga daya tangkap peserta didik menjadi menurun, sering mengantuk di dalam kelas, dan tidak memiliki semangat dalam belajar. Fokus Penelitian : 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran guru fiqih dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran guru fiqih dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran guru fiqih dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan perencanaan pembelajaran guru fiqih dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran guru fiqih dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung, mendeskripsikan evaluasi pembelajaran guru fiqih dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Data peneliti didapatkan dari Kepala Sekolah, Guru Fiqih, Peserta didik kelas VIII. Metode yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Teknik Pengecekan Keabsahan Temuan menggunakan Perpanjang Keikutsertaan, Ketekunan Pengamatan, dan Triangulasi yang dibagi menjadi Triangulasi Sumber, Triangulasi Metode, Triangulasi Waktu. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan : Penyusunan perencanaan pembelajaran guru fiqih dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik kelas VIII di MTsN Tulungagung dengan menentukan strategi pembelajaran menyusun RPP. Proses pelaksanaan pembelajaran guru fiqih dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung dengan memperhatikan RPP sebagai acuan awal, menerapkan strategi yang dikombinasikan dengan metode pembelajaran, menekankan pemberian nasehat dan motivasi dalam pembelajaran, memberikan game dan ice breaking dalam proses pembelajaran, Proses evaluasi pembelajaran guru fiqih dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung dengan mengadakan rembug MGMP fiqih untuk sarana guru fiqih dalam berbagi pengalaman dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi di dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Mutu Pendidikan Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183082 Muhammad Faris Danial |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 07:52 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 07:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27515 |
Actions (login required)
View Item |