STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QURAN DI SMPIT DAARUSSALAM TULUNGAGUNG

RATNA SARI, 12201183145 (2022) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QURAN DI SMPIT DAARUSSALAM TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (630kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-quran di SMPIT Daarussalam Tulungagung” ini ditulis oleh Ratna Sari, NIM 12201183145 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2022, dosen pembimbing: Annas Ribab Sibilana, M.Pd.I NIDN 2018109201 Kata Kunci : Strategi, Guru PAI, Keterampilan, Membaca Al-quran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan membaca Al-quran yang semakin hari semakin menurun di SMPIT Daarussalam Tulungagung. Strategi guru yang digunakan kurang menarik sehingga membuat siswa bosan, jenuh dengan apa yang disampaikan oleh guru. Pemilihan strategi yang tepat akan membuat tujuan pembelajaran dapat dicapai. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi perencanaan dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-quran di SMPIT Daarussalam Tulungagung? (2) Bagaimana strategi pelaksanaan dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-quran di SMPIT Daarussalam Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi guru PAI dalam meningkatkan keterampilan membaca Alquran di SMPIT Daarussalam Tulungagung? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah wawancara dari kepala sekolah, guru mata pelajaran PAI, dan peserta didik SMPIT Daarussalam Tulungagung. Prosedur pengumpulan data meliputi: metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian skripsi ini menunjukan bahwa: (1) Dalam perencanaan, guru memilih pendekatan individual, guru menetapkan prosedur (membuat kurikulum pembelajaran, prosedur pembagian jilid per kelas, guru membuat alat peraga), guru membuat kriteria atau indikator pemahaman membaca Alquran meliputi fashohah, tartil, dan tajwid dasar. (2) Pelaksanaan pembelajaran dimulai dari tahap pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman xvi konsep, latihan, dan (3) evaluasi (penilaian tiap jilid, per halaman, akhir jilid, dan akhir semester atau manaqosah).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183145 RATNASARI
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:45
Last Modified: 15 Jul 2022 07:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27519

Actions (login required)

View Item View Item