MUHAMMAD IZZUDIN, 12205183319 (2022) STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK SISWA DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (813kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (464kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (654kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (719kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (341kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Fiqih dalam Mengembangkan Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotul Uqul Doroampel Tulungagung” yang ditulis oleh Muhammad Izzudin, NIM. 12205183319, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata kunci : Strategi Guru, Fiqih, Aspek Kognitif Afektif dan Psikomotorik Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fakta bahwa dalam proses belajar mengajar di sekolah terkadang menemukan siswa yang memperlihatkan kemalasan serta etika yang kurang baik dalam mengikuti pelajaran, terlebih pada mata pelajaran fiqih. Hal ini di karenakan aspek afektif siswa sangat menurun. Oleh karena itu, menurunnya aspek afektif siswa akan mengakibatkan juga pada aspek kognitif siswa serta psikomotoriknya. Siswa seperti ini harus didekati dengan upaya yang dimiliki oleh guru fiqih sehingga aspek kognitif terbentuk dalam kepribadian siswa tersebut. Usaha yang dilakukan oleh guru fiqih dapat memberikan keyakinan bagi siswanya. Adanya pemahaman yang diberikan oleh gurunya akan menyentuh hati siswa untuk memotivasi dalam proses pembelajaran. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1. Bagaimana upaya guru fiqih dalam mengembangkan aspek kognitif siswa di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Tulungagung? 2. Bagaimana upaya guru fiqih dalam mengembangkan aspek afektif siswa di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Tulungagung? 3. Bagaimana upaya guru fiqih dalam mengembangkan aspek psikomotorik siswa di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Tulungagung?. Pendekataan ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitianyya adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menganalisis data menggunakan reduksi, penyajian data, dan vertifikasi. Hasil penelitian Upaya Guru Fiqih dalam Mengembangkan Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Siswa di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Tulungagung : (1) Guru mengembangkan aspek kognitif siswa dengan melakukan perencanaan pembelajaran yang matang sesuai dengan RPP sebelum melakukan pembelajaran dikelas. Guru kreatif dalam menciptakan suasana yang kondusif agar siswa tidak merasa bosan dalam proses pembelajaran berlangsung, dan melakukan evaluasi disetiap akhir pembelajaran. (2). Guru mengembangkan aspek afektif siswa dengan menanamkan nilai-nilai hidup Islami kepada murid, baik dalam teknik mendidik, maupun berpenampilan dan bersikap. (3). Guru memiliki upaya dalam menggunakan media pembelajaran agar siswa dapat mempraktekkan materi yang telah diajarkan dengan baik. Guru memiliki upaya dalam menerapkan model diskusi utuk membantu memecahkan masalah secara bersama-sama dan dapat mengembangakn aspek psikomotorik siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183319 MUHAMMAD IZZUDIN |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 06:48 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 06:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27549 |
Actions (login required)
View Item |