ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MODEL VARK KELAS VIII SMP NEGERI 2 PAPAR TAHUN AJARAN 2021/2022

ARRIN SUCI DEWANTARI, 12204183259 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MODEL VARK KELAS VIII SMP NEGERI 2 PAPAR TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Arrin Suci Dewantari, 12204183259. 2022. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Pythagoras Ditinjau dari Gaya Belajar Model VARK Kelas VIII SMP Negeri 2 Papar Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Nur Cholis, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Belajar, Teorema Pythagoras Penelitian ini didasari oleh sebuah permasalahan yang timbul dalam proses pembelajaran matematika, dimana siswa masih kesulitan dalam mengekspresikan serta mengkomunikasikan ide-ide matematikanya, baik itu secara lisan maupun tulisan. Hal ini masih menjadi tantangan tersendiri bagi pendidik terutama, dikarenakan salah salah satu kompetensi yang harus dikembangkan siswa dalam belajar matematika adalah kemampuan komunikasi. Selain itu, pendidik harus mengetahui bahwa tiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, read/write dan kinestetik dalam menyelesaikan masalah Teorema Pythagoras kelas VIII SMP Negeri 2 Papar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, angket, tes dan wawancara. Pengisian angket diikuti oleh 27 siswa dari 32 siswa. Hasil angket digunakan untuk mengelompokkan siswa berdasarkan gaya belajarnya. Kemudian diadakan tes tulis dengan 2 butir soal yang telah memuat indikator kemampuan komunikasi matematis. Lalu dipilih 8 siswa berdasarkan gaya belajarnya, yaitu 2 siswa gaya belajar visual, 2 siswa gaya belajar auditorial, 2 siswa gaya belajar read/write dan 2 lannya dengan gaya belajar kinestetik guna dilakukan wawancara lanjutan. Tahap selanjutnya adalah analisis data dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa gaya belajar visual mampu memenuhi 4 dari 4 indikator kemampuan komunikasi matematis. Siswa gaya belajar auditorial memenuhi 3 dari 4 indikator kemampuan komunikasi matematis. Siswa gaya belajar read/write memenuhi 4 indikator, sedangkan siswa gaya belajar kinestetik mampu memenuhi 2 indikator kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan adanya penelitian ini, peneliti menyarankan bagi peneliti lain agar meneliti kemampuan komunikasi matematis dengan memperhatikan aspek lain yang lebih spesifik agar hasil yang diperoleh lebih rinci lagi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Geometri
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183259 Arrin Suci Dewantari
Date Deposited: 18 Jul 2022 07:41
Last Modified: 18 Jul 2022 07:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27595

Actions (login required)

View Item View Item