KREATIVITAS GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V-B MIN 4 TULUNGAGUNG

SITI LINATUL LAILY MUFIDAH, 12205183057 (2022) KREATIVITAS GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V-B MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul ‘‘Kreativitas Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V-B MIN 4 Tulungagung’’ ini ditulis oleh Siti Linatul Laily Mufidah, NIM 12205183057, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata kunci : Kreativitas guru, kesulitan belajar, pembelajaran tematik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan belajar siswa yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah pembelajaran. Kesulitan belajar siswa salah satunya sering ditemui pada pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik merupakan salah satu mata pelajaran yang didalamnya terkandung beberapa mata pelajaran sekaligus dan diintegrasikan dalam satu tema. Untuk mengatasi hal tersebut, guru dituntut untuk memiliki berbagai bentuk kreativitas yang diwujudkan dalam setiap pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai sebagaimana yang diharapkan. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana bentuk kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas V-B di MIN 4 Tulungagung? 2) Bagaimana strategi kreativitas guru dalam mengelola kelas untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V-B di MIN 4 Tulungagung? 3) Bagaimana bentuk kreativitas guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V-B di MIN 4 Tulungagung?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini meliputi: 1) person (orang) yaitu, (a) kepala madrasah, (b) waka kurikulum, (c) waka kesiswaan, (d) guru tematik, (e) siswa. 2) paper (kertas/dokumen) berupa dokumentasi kegiatan pembelajaran dan dokumen terkait. 3) place (tempat) yaitu MIN 4 Tulungagung. Teknik analisis data yang digunakan yaitu meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamat, triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian yang didapatkan adalah: 1) Bentuk kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran tematik di kelas V-B MIN 4 Tulungagung yaitu meliputi; siswa kesulitan memahami kaitan antar materi pelajaran, siswa kesulitan dalam memahami materi, adanya materi yang diulang-ulang serta jam pelajaran yang panjang membuat siswa merasa bosan, dan siswa kesulitan dalam memilah materi yang dipelajari saat ujian. 2) Strategi kreativitas guru dalam mengelola kelas untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran tematik yaitu meliputi aspek fisik dan aspek non-fisik. Aspek fisik meliputi penataan kerapian kebersihan kelas dan pengelolaan sarana prasarana kelas. Sedangkan aspek non-fisik yaitu meliputi: guru menciptakan suasana kondusif dalam kelas, menjalin hubungan baik antara guru dan siswa, adanya tata tertib kelas, dan menerapkan sistem hadiah dan hukuman. 3) Bentuk kreativitas guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran tematik yaitu diantaranya: menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi, melakukan pendekatan personal, memberikan apresiasi atau motivasi, dan memberikan pengajaran perbaikan dan pengayaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183057 SITI LINATUL LAILY MUFIDAH
Date Deposited: 18 Jul 2022 07:15
Last Modified: 18 Jul 2022 07:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27599

Actions (login required)

View Item View Item