ANALISIS KUALITAS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA BIOLOGI SMPN 2 KADEMANGAN KELAS VII SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2021-2022

AAN FARIHAH, 12208183099 (2022) ANALISIS KUALITAS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA BIOLOGI SMPN 2 KADEMANGAN KELAS VII SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2021-2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (323kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS) IPA Biologi untuk SMPN 2 Kademangan Kelas VII Semester II tahun pelajaran 2021-2022” ini ditulis oleh Aan Farihah, NIM. 12208183099, pembimbing Nanang Purwanto, M. Pd. Kata kunci :LKS, Komponen, Materi, Soal Bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran pada satuan pendidikan berperan sangat penting dalam menyediakan materi pembelajaran untuk menunjang keberhasilan dari tujuan pembelajaran. Salah satu bahan ajar yang banyak digunakan adalah lembar kerja siswa (LKS). Penggunaan LKS sebagai bahan ajar utama dalam pembelajaran tentunya harus didukung dengan kualitas LKS yang baik agar pemahaman peserta didik dapat tercapai maksimal sehingga hasilnya memuaskan. Adapun alasan penelitian ini dilakukan karena ditemukan fakta terkait kekurangan dari LKS yang digunakan di SMPN 2 Kademangan dimana tidak tercantum petunjuk pembelajaran dan beberapa contoh materi dan soal yang kurang valid. Peneliti memilih LKS IPA Biologi untuk SMP kelas VII dan melakukan analisis terhadap LKS karena ingin mengetahui kelengkapan komponen, kelayakan materi, dan kesesuaian soal. Sesuai dengan hal tersebut tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kelengkapan komponen dari LKS IPA Biologi SMP kelas VII semester II yang digunakan di SMPN 2 Kademangan tahun pelajaran 2021-2022, (2) mendeskripsikan kelayakan materi dari LKS IPA Biologi SMP kelas VII semester II yang digunakan di SMPN 2 Kademangan tahun pelajaran 2021-2022, (3) mendeskripsikan kesesuaian soal dari LKS IPA Biologi SMP kelas VII semester II yang digunakan di SMPN 2 Kademangan tahun pelajaran 2021-2022 Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumentasi. Studi dokumentasi dilakukan dengan menganalisis kelengkapan komponen LKS yang dikembangkan dari panduan pengembanagn bahan ajar Departemen Pendidikan Nasional, kelayakan materi dikembangkan berdasarkan peraturan dari Badan Standar Nasional Pendidikan, dan kesesuaian soal dengan prinsip pengembangan soal. Penilaian dalam penelitian dilakukan dengan mengisi lemar validasi yang diisi oleh 2 vqlidator yaituguru ipa dan peneliti. LKS yang diteliti yaitu LKS IPA Biologi untuk SMP kelas VII semester II terbitan CV. Graha Printama Selaras yang digunakan di SMPN 2 Kademangan. Setiap bab pada LKS tersebut memuat judul, kompetensi dasar, kompetensi inti, tujuan pembelajaran, apersepsi, materi dan soal-soal latihan. LKS tersebut memuat 6 bab namun pada penelitian ini hanya fokus menganalisis bab 1-3 dengan materi pembelajaran sistem organisasi kehidupan, interaksi makhluk hidup dengan lingkungan, dan pencemaran lingkungan. Hasil analisis penelitian ini didapatkan rata-rata data yaitu (1) Kelengkapan komponen LKS mendapatkan nilai 85,7 dengan kriteria penilaian baik. (2) Kelayakan materi pada LKS mendapatkan nilai 86,6% dengan kriteria baik. (3) Kesesuaian soal pilihan ganda dengan prinsip pengembangan soal mendapatkan nilai 87,0% dengan kriteria baik, kesesuaian soal uraian panjang dengan prinsip pengembangan soal mendapatkan nilai 89,9% dengan kriteria baik, kesesuaian tugas mandiri dengan prinsip pengembangan soal mendapatkan nilai 93,5 % dengan kriteria sangat baik. Dengan kesimpulan hasil analisis LKS mendapatkan nilai 88,5% dengan kriteria baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Aan 12208183099 Aan farihah
Date Deposited: 18 Jul 2022 08:04
Last Modified: 18 Jul 2022 08:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27610

Actions (login required)

View Item View Item