NANING KHOIRUN NIKMAH, 12204183265 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT KELAS VII MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (739kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (523kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (609kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (879kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (874kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (806kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Materi Segitiga dan Segiempat Kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung” ini ditulis oleh Naning Khoirun Nikmah, NIM. 12204183265, vb.,Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Predict Observe Explain (POE), Berpikir Kreatif, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang digunakan di kelas cenderung menekankan pada metode Teacher Center. Hal tersebut berdampak pada kurangnya kesempatan siswa untuk mengeksplor pengetahuan yang dimiliki. Model pembelajaran POE dapat digunakan untuk membuat siswa lebih aktif terlibat dalam menyatakan suatu tindakan, mempertimbangkan tindakan tersebut, mengamati, dan membandingkan tindakan tersebut dengan tindakan sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa materi Segitiga dan Segiempat kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap hasil belajar siswa materi Segitiga dan Segiempat kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dan hasil belajar siswa materi Segitiga dan Segiempat kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasy eksperiment dengan desain posttest only control design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung yang berjumlah 10 kelas dan terdiri dari 355 siswa, sedangkan sampel yang digunakan yaitu kelas VII-C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 siswa dan VII-D sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi segitiga dan segiempat kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. (2) Ada pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain terhadap hasil belajar siswa pada materi segitiga dan segiempat kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. (3) Ada pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada materi segitiga dan segiempat kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Matematika Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183265 Naning Khoirun Nikmah |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 03:17 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 03:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27612 |
Actions (login required)
View Item |