PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT KELAS VII MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG

NANING KHOIRUN NIKMAH, 12204183265 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT KELAS VII MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (739kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (523kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (874kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Materi Segitiga dan Segiempat Kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung” ini ditulis oleh Naning Khoirun Nikmah, NIM. 12204183265, vb.,Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Predict Observe Explain (POE), Berpikir Kreatif, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang digunakan di kelas cenderung menekankan pada metode Teacher Center. Hal tersebut berdampak pada kurangnya kesempatan siswa untuk mengeksplor pengetahuan yang dimiliki. Model pembelajaran POE dapat digunakan untuk membuat siswa lebih aktif terlibat dalam menyatakan suatu tindakan, mempertimbangkan tindakan tersebut, mengamati, dan membandingkan tindakan tersebut dengan tindakan sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa materi Segitiga dan Segiempat kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap hasil belajar siswa materi Segitiga dan Segiempat kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dan hasil belajar siswa materi Segitiga dan Segiempat kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasy eksperiment dengan desain posttest only control design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung yang berjumlah 10 kelas dan terdiri dari 355 siswa, sedangkan sampel yang digunakan yaitu kelas VII-C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 siswa dan VII-D sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi segitiga dan segiempat kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. (2) Ada pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain terhadap hasil belajar siswa pada materi segitiga dan segiempat kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. (3) Ada pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada materi segitiga dan segiempat kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183265 Naning Khoirun Nikmah
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:17
Last Modified: 19 Jul 2022 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27612

Actions (login required)

View Item View Item