STRATEGI GURU DALAM MELATIH PERILAKU SOSIAL PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN POSYANDU MAWAR NGADILUWIH KEDIRI

AFTHINA NURIL HUSNAA, 12206173031 (2022) STRATEGI GURU DALAM MELATIH PERILAKU SOSIAL PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN POSYANDU MAWAR NGADILUWIH KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (933kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (519kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Melatih Perilaku Sosial pada Anak Usia Dini di Taman Posyandu Mawar Ngadiluwih Kediri” ini ditulis oleh Afthina Nuril Husnaa, NIM. 12206173031, pembimbing skripsi Germino Wahyu Broto, M.Si Kata kunci: Strategi Guru, Perilaku Sosial Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena stimulus pendidikan yang diberikan di Taman Posyandu Mawar Ngadiluwih Kediri dengan melibatkan guru pengajar dari kader posyandu yang sebelumnya minim ilmu tentang profesi keguruan, namun guru dapat memilih strategi yang tepat dalam melatih perilaku sosial anak usia dini. Ketepatan strategi yang digunakan dalam melatih perilaku sosial anak, memberikan perubahan yang optimal terhadap anak. Penelitian ini berfokus pada pertanyaan: 1. Bagaimana strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam melatih perilaku sosial pada anak usia dini di Taman Posyandu Mawar Ngadiluwih Kediri baik di dalam maupun di luar kelas?; 2. Bagaimana faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam melatih perilaku sosial anak usia dini di Taman Posyandu Mawar Ngadiluwih Kediri?; 3. Bagaimana guru memanfaatkan faktor pendukung dan menanggulangi faktor penghambat dalam penerapan melatih perilaku sosial anak usia dini di Taman Posyandu Mawar Ngadiluwih Kediri?. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data di analisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan kriteria kredibilitas data yaitu: ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1. Strategi yang digunakan oleh guru berupa penggunaan metode pembelajaran yaitu metode tanya jawab dan bercerita. Guru juga menggunakan strategi pembiasaan perilaku dan strategi teladan atau contoh. 2. Faktor pendukung dari strategi guru terdapat pada faktor lingkungan sekolah dan kompetensi yang dimiliki oleh guru, sehingga dapat meningkatkan pengoptimalan melatih perilaku sosial anak. Sedangkan faktor penghambatnya terdapat pada orang tua yang memanjakan anaknya, sehingga anak menjadi tantrum dimanapun tempatnya termasuk disekolah yang mengakibatkan pembelajaran dengan strategi dan metode yang dipilih guru menjadi terhambat. 3. Pemanfaatan faktor pendukung berupa letak sekolah yang strategis, di manfaatkan sebagai sarana belajar anak dengan penggunaan sesuai dengan kebutuhan. Guru memanfaatkan pelatihan-pelatihan untuk mengembangkan potensi diri, sehingga mampu memberikan yang terbaik untuk diajarkan kepada peseta didik. Guru memberikan kegiatan kepada orang tua untuk menanggulangi faktor penghambat berupa BKB (Bina Keluarga Balita) dengan memberikan penyuluhan dan pengarahan terkait pentingnya tumbuh kembang anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206173031 Afthina Nuril Husnaa
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:30
Last Modified: 19 Jul 2022 02:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27619

Actions (login required)

View Item View Item