KEMAMPUAN BERPIKIR METAFORIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH DIMENSI TIGA DITINJAU DARI SELF EFFICACY KELAS XII MA HASYIM ASY'ARI JOGOROTO JOMBANG

ZAKIYAH AL-FAINI, 12204183181 (2022) KEMAMPUAN BERPIKIR METAFORIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH DIMENSI TIGA DITINJAU DARI SELF EFFICACY KELAS XII MA HASYIM ASY'ARI JOGOROTO JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (536kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Metaforis Siswa dalam Memecahkan Masalah Dimensi Tiga Ditinjau dari Self Efficacy Kelas XII MA Hasyim Asy’ari Jogoroto Jombang” ini ditulis oleh Zakiyah Al-Faini, NIM. 12204183181, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Berpikir Metaforis, Pemecahan Masalah, Self Efficacy. Rendahya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah siswa belum terbiasa menyelesaikan soal-soal berbasis pemecahan masalah. Faktor lainnya adalah siswa belum terbiasa untuk berpikir metaforis dalam pemecahan masalah. Berpikir metaforis adalah proses mengubah suatu materi dari ide yang satu ke ide yang lain atau menghubungkan masalah matematika dengan kehidupan nyata serta pengalaman matematika yang sudah diperoleh. Selain itu terdapat faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir metaforis siswa yakni self efficacy. Self efficacy merupakan keyakinan seorang siswa terhadap kemampuannya dalam mencapai tujuan dan melakukan tugas. Siswa memiliki self efficacy yang beragam sehingga terdapat perbedaan dalam kemampuan berpikir metaforisnya. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir metaforis siswa dengan self efficacy rendah di kelas XII MA. Hasyim Asy’ari Jogoroto Jombang. 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir metaforis siswa dengan self efficacy sedang di kelas XII MA. Hasyim Asy’ari Jogoroto Jombang. 3) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir metaforis siswa dengan self efficacy tinggi di kelas XII MA. Hasyim Asy’ari Jogoroto Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Lokasi yang digunakan dalam penelitian adalah MA. Hasyim Asy’ari Jogoroto Jombang. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa dengan self efficacy rendah, 2 siswa dengan self efficacy sedang, dan 2 siswa dengan self efficacy tinggi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi Hasil penelitian ini adalah 1) Siswa dengan self efficacy rendah hanya memenuhi indikator berpikir metaforis connect, belum memenuhi indikator relate, explore, analyze, transform, dan experience. 2) Siswa dengan self efficacy sedang memenuhi indikator berpikir metaforis connect, relate, dan explore, belum memenuhi indikator analyze, transform, dan experience. 3) Siswa dengan self efficacy tinggi mampu memenuhi indikator berpikir metaforis connect, relate, explore, analyze, dan transform, hanya belum memenuhi indikator experience.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Zakiyah 12204183181 Al-Faini
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:04
Last Modified: 19 Jul 2022 03:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27632

Actions (login required)

View Item View Item