MUHAMMAD RENDY KHOIRUL ARIZKY, 12205183104 (2022) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) PESERTA DIDIK KELAS III DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (693kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (163kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosioanal (EQ) Peserta didik Kelas III di MIN 1 Tulugagung” ditulis oleh Muhammad Rendy Khoirul Arizky. NIM. 12205183104. “. Skripsi Pendidikan Guru Madrasan Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Drs. H. Jani, MM,. M.Pd Kata Kunci : Peran Guru, Kecerdasan Emosional Kecerdasan Emosional merupakan kemampuan seseorang dalam mengenali emosi sendiri, mengelola emosi pada saat perasaan atau emosi muncul. Kondisi kecerdasan emosional peserta didik dapat menurun apabila peserta didik belum mampu mengatur emosinya sendiri sehingga mengakibatkan banyak permasalahan sepertikurang percaya diri, kurang terbentuknya karakter dari peserta didik dan sebagainya. Oleh karena itu, peran guru sangatlah penting karena guru harus mampu memahami kecerdasan emosional peserta didik dalam mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain dan membina hubungan peserta didik di sekolah. Berkaitan dengan hal tersebut, terlu adanya penelitian terkait peran guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di sekolah. Harapan dari penelitian ini , peran guru bisa mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual saja akan tetapi juga mampu mencerdaskan emosional peserta didik. Fokus penelitian ini adalah (1)Bagaimana Peran Guru Kelas dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas 3 di MIN 1 Tulungagung tahun pelajaran 2021/2022. (2) Faktor-faktor apa saja yang Mempengaruhi dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik kelas 3 di MIN 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2021/2022. (3) Bagaimana Strategi Guru Kelas dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik kelas 3 di MIN 1 Tulungagung Tahun pelajaran 2021/2022 Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Peran guru kelas dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik Kelas 3 di MIN 1 Tulungagung Tahun pelajaran 2021/202. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik Kelas 3 di MIN 1 tulungagung Tahun pelajaran 2021/2022. (3) Untuk mengetahui Stategi guru kelas meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di kelas 3 MIN 1 Tulungagung Tahun pelajaran 2021/2022 Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber datanya yaitu guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai daireduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan trigulasi. Hasil Penelitian, Pertama Peran guru kelas dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik kelas III di MIN 1 Tulungagung adalah peran guru sebagai: Guru sebagai pendidik, pengelola kelas, fasilitator, Motivator, Evaluator. Kedua Faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik kelas III di MIN 1 Tulungagung adalah Faktor yang mendukung yaitu adanya sarana dan prasarana sekolah yang memadai, dan kompetensi guru dalam memaksimalkan kecerdasan yang ada dalam diri peserta didik. Kemudian faktor yag menghambat adalah faktor dari Dalam diri peserta didik , faktor lingkungan yang ada di sekitar peserta didik di lingkungan kelaurga, sekolah, mauupun di lingkungan masyarakat, dan faktor penggunaan teknologi kurang dikontrol oleh orang tua. Ketiga Strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik kelas III di MIN 1 Tulungagung antara lain adalah Pembelajaran interaktif, Pembelajaran inspiratif, Menyenangkan, Bervariasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > EQ Pendidikan > Guru Pendidikan Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183104 Muhammad Rendy arizky khoirul arizky |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 03:20 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 03:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27634 |
Actions (login required)
View Item |