PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SD ISLAM AL-GONTORY TULUNGAGUNG

NOVITASARI, 12205183122 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SD ISLAM AL-GONTORY TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (725kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di SD Islam Al-Gontory Tulungagung” ini ditulis oleh Novitasari, NIM 12205183122. Pembimbing: Dr. H. Nur Kholis, S.Ag. M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran Blended Learning, Hasil Belajar. Pembelajaran tematik harus mampu mendorong dan memotivasi belajar siswa dan dapat memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa dalam mengembangkan potensi dan bakat yang ada pada dirinya. Guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dan mampu membuat siswa aktif, mampu berpikir kritis, kreatif, inovatif dan memecahkan masalah terutama pada pembelajaran Tematik. Salah satu model pembelajaran Tematik adalah Model Blended Learning. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar tematik pada siswa kelas V di SD Islam Al-Gontory? (2) Seberapa besar tingkat pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar tematik pada siswa kelas V di SD Islam Al-Gontory?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar tematik pada siswa kelas V di SD Islam Al-Gontory (2) Untuk mengetahui besar pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar tematik pada siswa kelas V di SD Islam Al-Gontory. Pendekatan penelitian yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Al-Gontory yang berjumlah tiga kelas dengan jumlah keseluruhan 54 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling, dengan menggunakan purposive sampling dan rumus besaran Slovin diperoleh 36 sampel. Data yang terkumpul sebelumnya dianalisis menggunakan uji prasyarat dengan uji normalitas dan linearitas, uji hipotesisnya menggunakan uji regresi linier dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran Blended Learning berpengaruh terhadap hasil.belajar, berdasarkan pengujian hipotesis, nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05 artinya ada korelasi yang positif dan signifikan antara Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik. (2) Besar pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar adalah 64,3% sedangkan sisanya, yaitu sebesar 35,7 % dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183122 NOVITASARI
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:59
Last Modified: 19 Jul 2022 03:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27660

Actions (login required)

View Item View Item