NOVITASARI, 12205183122 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SD ISLAM AL-GONTORY TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (725kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (149kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di SD Islam Al-Gontory Tulungagung” ini ditulis oleh Novitasari, NIM 12205183122. Pembimbing: Dr. H. Nur Kholis, S.Ag. M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran Blended Learning, Hasil Belajar. Pembelajaran tematik harus mampu mendorong dan memotivasi belajar siswa dan dapat memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa dalam mengembangkan potensi dan bakat yang ada pada dirinya. Guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dan mampu membuat siswa aktif, mampu berpikir kritis, kreatif, inovatif dan memecahkan masalah terutama pada pembelajaran Tematik. Salah satu model pembelajaran Tematik adalah Model Blended Learning. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar tematik pada siswa kelas V di SD Islam Al-Gontory? (2) Seberapa besar tingkat pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar tematik pada siswa kelas V di SD Islam Al-Gontory?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar tematik pada siswa kelas V di SD Islam Al-Gontory (2) Untuk mengetahui besar pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar tematik pada siswa kelas V di SD Islam Al-Gontory. Pendekatan penelitian yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Al-Gontory yang berjumlah tiga kelas dengan jumlah keseluruhan 54 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling, dengan menggunakan purposive sampling dan rumus besaran Slovin diperoleh 36 sampel. Data yang terkumpul sebelumnya dianalisis menggunakan uji prasyarat dengan uji normalitas dan linearitas, uji hipotesisnya menggunakan uji regresi linier dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran Blended Learning berpengaruh terhadap hasil.belajar, berdasarkan pengujian hipotesis, nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05 artinya ada korelasi yang positif dan signifikan antara Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik. (2) Besar pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar adalah 64,3% sedangkan sisanya, yaitu sebesar 35,7 % dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Tematik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183122 NOVITASARI |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 03:59 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 03:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27660 |
Actions (login required)
View Item |