AISYA SYAFA KAMILA, 12204183273 (2022) PENGARUH MEDIA BELAJAR PPTM (Power Point Berbasis Macro) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN 5 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (540kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (206kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (33kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Belajar PPTM (Power Point berbasis Macro) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN 5 Blitar” ditulis oleh Aisya Syafa Kamila, NIM 12204183273, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si, M.Sc. Kata Kunci: Media belajar pptm, Motivasi belajar, Hasil belajar Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar karena guru sebagai penyampai materi kurang memanfaatkan media pembelajaran. Guru masih menggunakan pembelajaran yang tergolong monoton seperti pembelajaran konvensional yang mengakibatkan siswa kurang aktif, kurang bersemangat dikelas sehingga hasil belajarnya rendah. Tujuan penelitian untuk skripsi ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh media belajar pptm (power point berbasis macro) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 5 Blitar 2) untuk mengetahui pengaruh media belajar pptm (power point berbasis macro) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 5 Blitar 3) untuk mengetahui pengaruh media belajar pptm (power point berbasis macro) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 5 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 5 Blitar berjumlah 186 siswa. Pemilihan sampel berjumlah 62 siswa, yang terdiri dari 30 siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji T-test, uji mann whitney dan Uji Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh media belajar pptm (power point berbasis macro) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 5 Blitar dibuktikan dengan hasil uji mann whitney yang menunjukkan nilai probabilitas 0,013 < 0,05 berarti H_0 ditolak. 2) ada pengaruh media belajar pptm (power point berbasis macro) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 5 Blitar dibuktikan dengan hasil uji T-test yang menunjukkan nilai probabilitas 0,005 < 0,05 berarti H_0 ditolak. 3) ada pengaruh media belajar pptm (power point berbasis macro) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 5 Blitar dibuktikan dengan hasil uji Manova yang menunjukkan nilai probabilitas 0,005 < 0,05 berarti H_0 ditolak dan menerima H_1
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183273 Aisya Syafa Kamila |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 01:22 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 01:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27669 |
Actions (login required)
View Item |