Penerapan Metode Demonstrasi untukouatika Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu

Laili, Lutfi Nurul (2014) Penerapan Metode Demonstrasi untukouatika Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
ABSTRAK Lutfi Nurul Laili.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 skripsi qu - Copy.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II skripsi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III skripsi (2).pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV skripsiq luphy (2).pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DLL BARU 2.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN(1).pdf

Download (20kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Prestasi Belajar Matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung kurang aktif dalam pembelajaran, siswa cenderung pasif sebagai pendengar setia dari ceramah guru sehingga siswa menjadi jenuh, siswa terkadang berbicara dengan teman ketika dijelaskan oleh guru, pembelajaran didominasi oleh guru. Sehingga prestasi belajar siswa kurang memuaskan. Oleh karena itu, pada penelitian tindakan kelas ini mencoba untuk mengatasi rendahnya prestasi belajar siswa dengan menerapkan metode Demonstrasi dalam pelajaran Matematika. Metode Demonstrasi memiliki berbagai kelebihan yang pada dasarnya dapat membuat siswa lebih memahami bahan pelajaran sesuai objek yang sebenarnya dan membuat siswa menjadi lebih aktif pada siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Diharapkan dengan metode Demonstrasi tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan perkalian kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung? 2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung pada mata pelajaran matematika bab perkalian dengan penerapan metode Demonstrasi? Adapaun tujuan dari penelitian tersebut, yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode Demonstrasi pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan perkalian kelas II Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung; 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa dengan menerapkan metode Demonstrasi pada mata pelajaran matematika pokok bahasan perkalian kelas II Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk dapat belajar dan memahami tugas berat guru sekaligus mengetahui lebih jauh permasalahan pembelajaran di Madrasah sehingga dapat mempersiapkan diri menjadi guru professional. Bagi Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menyediakan sarana dan prasarana sekolah yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar, khususnya di dalam kelas untuk terciptanya pembelajaran yang optimal. xviii Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: tahap perencanaan (plan); 2) tahap pelaksanaan (act); 3) tahap oibservasi (observe); dan 4) tahap refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, catat lapangan, dan dekumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar matematika siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Sedangkan metode observasi wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran matematika, respon siswa, keadaan siswa dan guru. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa telah terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh guru yaitu pda tes awal nilai rata-rata siswa 57,41 dengan prosesntase ketuntasan 40.00%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata siswa hanya mencapai 64,83 dengan prosesntase ketuntasan 71,45 dengan prosentase ketuntasan 93,00%. Dengan demikian dapat disimpulkan bawha metode Demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 02 Dec 2014 04:21
Last Modified: 02 Dec 2014 04:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/277

Actions (login required)

View Item View Item