PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP KEMAMPUAN BERARGUMENTASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PROGRAM LINEAR KELAS XI MA SUNAN KALIJOGO

NIKEN ATIKA, 12204183083 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP KEMAMPUAN BERARGUMENTASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PROGRAM LINEAR KELAS XI MA SUNAN KALIJOGO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Kemampuan Beragumentasi dan Hasil Belajar Matematika Materi Program Linear Kelas XI MA Sunan Kalijogo” ditulis oleh Niken Atika, NIM. 12204183083, Jurusan Tadris Matematika(TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagungyang dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Model pembelajaran artikulasi, kemampuan berargumentasi, hasil belajar matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berargumentasi dan hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya motivasi, kurangnya rasa percaya diri siswa dalam mengutarakan pendapatnya, dan masih digunakannya model pembelajaran yang tidak mengikutsertakan siswa untuk berperan aktif di dalamnya. Tidak hanya itu saja pada era sekarang ini siswa dituntut tidak hanya bisa menyelesaikan suatu permasalahan saja, namum harus bisa mengungkapkan alasan dari penyelesaian suatu masalah tersebut. Salah satu cara dalam mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran serta berani mengutarakan pendapatnya mengenai suatu hal yang sudah didapatkan dari guru. Model pembelajaran yang dipilih adalah model pembelajaran artikulasi, model pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi suatu sarana untuk meningkatkan daya serap siswa, melatih meningkatkan partisipasi siswa, melatih keaktifan siswa dalam pembelajaran, serta meningkatkan kemampuan siswa mengungkapkan alasan penyelesaian suatu masalah. Sehingga dengan adanya model pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan berargumentasi dan hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap kemampuan berargumentasi matematika materi program linear kelas XI MA Sunan Kalijogo, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar matematika materi program linear kelas XI MA Sunan Kalijogo, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap kemampuan berargumentasi dan hasil belajar matematika program linear kelas XI MA Sunan Kalijogo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian Quasi Eksperimental. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Sunan Kalijogo dengan jumlah siswa 364. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini diambil dari hasil nilai post-test, yang kemudian dianalisis menggunakan uji MANOVA dan uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah (1) ada pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap kemampuan berargumentasi matematika materi program linear kelas XI MA Sunan Kalijogo, (2) ada pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar matematika materi program linear kelas XI MA Sunan Kalijogo, (3) ada pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap kemampuan berargumentasi dan hasil belajar matematika materi program linear kelas XI MA Sunan Kalijogo.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika > Linear
Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183083 NIKEN ATIKA
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:24
Last Modified: 19 Jul 2022 04:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27712

Actions (login required)

View Item View Item