PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM KEGIATAN PRODUKSI DAN PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UD. PIA HIKMAH THE FIRST DI DESA GEMBLEB POGALAN TRENGGALEK

AKHMAD FAUZI MUTAQIEN, 17402163372 (2022) PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM KEGIATAN PRODUKSI DAN PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UD. PIA HIKMAH THE FIRST DI DESA GEMBLEB POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Kegiatan Produksi dan Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada UD. Pia Hikmah The First di Desa Gembleb Pogalan Trenggalek” ini ditulis oleh Akhmad Fauzi Mutaqien, NIM. 17402163372, pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kodrat manusia sebagai makhluk sosial yang memiliki berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Untuk dapat memenuhi kebutuhan, manusia melakukan transaksi bisnis yang mempertemukan antara penjual dan pembeli atau produsen dan konsumen. Perkembangan perekonomian yang tinggi menyebabkan persaingan antar pelaku bisnis yang semakin ketat dan menyebabkan pelaku bisnis mengabaikan etika dalam menjalankan bisnis. Untuk membangun budaya bisnis yang sehat, idealnya dimulai dari perumusan etika yang akan digunakan sebagai norma atau aturan yang diwujudkan dalam bentuk hukum yang dilandasi dengan pondasi islam. Prinsip etika bisnis islam sendiri meliputi ketauhidan, keadilan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan kebenaran kebajikan. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan etika bisnis Islam yang dilakukan pengelola dalam produksi dan pemasaran untuk meningkatkan penjualan pada UD. Pia Hikmah The First di desa Gembleb Pogalan Trenggalek? (2) Apasaja faktor pendukung dan penghambat penerapan etika bisnis Islam dalam produksi dan pemasaran untuk meningkatkan penjualan pada UD. Pia Hikmah The First di desa Gembleb Pogalan Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan etika bisnis Islam dalam kegiatan produksi dan pemasaran untuk meningkatkan penjualan pada UD. Pia Hikmah The First sesuai dengan prinsip etika bisnis islam yang meliputi: prinsip ketauhidan dengan menjalankan kegiatan bisnis sesuai dengan syariah dan prinsip islam, prinsip keadilan dengan tidak membeda-bedakan antar pelaku bisnis, prinsip kehendak bebas dengan berusaha untuk memenuhi perjanjian atau kontrak kerja, prinsip tanggung jawab dengan selalu berusaha memperbaiki atau mengganti kerusakan yang telah ditimbulkan oleh perusahaan, prinsip kejujuran dan kebajikan dengan selalu terbuka atas kegiatan usaha dan berperilaku baik atas dasar unsur kerelaan dalam berbisnis. (2) Faktor pendukung penerapan etika bisnis Islam dalam kegiatan produksi dan pemasaran untuk meningkatkan penjualan pada UD. Pia Hikmah The First yaitu sudah adanya sertifikat halal, modal yang halal, adanya kebijakan pemberian bonus, melakukan persaingan secara sehat, memberikan pelayanan terbaik. Faktor penghambat penerapan etika bisnis Islam dalam kegiatan produksi dan pemasaran untuk meningkatkan penjualan pada UD. Pia Hikmah The First yaitu SDM (Sumber Daya Manusia) yang minim dan teknologi yang kurang mumpuni. Kata kunci : etika bisnis islam, kegiatan produksi, kegiatan pemasaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Produksi
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 17402163372 Akhmad Fauzi Mutaqien
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:07
Last Modified: 29 Jul 2022 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27714

Actions (login required)

View Item View Item