STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus Di UMKM Surinala Culture Kelurahan Kauman Kota Kabupaten Tulungagung)

SONIA HENTA ANGELINA, 12402183058 (2022) STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus Di UMKM Surinala Culture Kelurahan Kauman Kota Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus di UMKM Surinala Culture Kelurahan Kauman Kota Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Sonia Henta Angelina, NIM.12402183058, pembimbing Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Strategi pemasaran merupakan rencana yang menjabarkan ekspektasi perusahaan akan dampak dari berbagai aktivitas atau program pemasaran terhadap permintaan produk atau lini produknya di pasar sasaran tertentu. Surinala Culture merupakan UMKM yang bergerak dibidang makanan dan minuman (coffee shop). Sudah berdiri pada tahun 2018, minat konsumen terhadap UMKM ini dapat dikatakan cukup tinggi. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Surinala Culture dalam meningkatkan ekonomi masyarakat? 2) Bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Surinala Culture dalam meningkatkan ekonomi masyarakat? 3) Bagaimana pengawasan strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Surinala Culture dalam meningkatkan ekonomi masyarakat? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tulungagung Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti untuk penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisa data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan strategi marketing yang dilakukan oleh Surinala Culture dilakukan dengan hati-hati dan penuh perhitungan. Perencanaan keuangan Surinala Culture juga diatur dengan baik dengan menekan pengeluaran sekecil mungkin pada hal-hal yang kurang diperlukan. Dan mengalokasikan dana hal-hal yang penting. 2) Pelaksanaan strategi marketing yang dilakukan oleh Surinala Culture terdiri dari strategi marketing 4P yaitu produk yang dihasilkan berkualitas, harga yang ditawarkan terjangkau dan sesuai dengan kualitas produk, lokasi Surinala Culture yang strategis dan adanya promosi yang membuat pelanggan semakin tertarik untuk mengunjungi Surinala Culture. 3) Pengawasan strategi marketing yang dilakukan oleh Surinala Culture sudah sesuai dengan perencanaan, namun terdapat penurunan pendapatan karena adanya Covid-19, namun hal ini sudah bisa teratasi dengan baik. Kata Kunci: strategi pemasaran, UMKM, ekonomi masyarakat

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402183058 SONIA HENTA ANGELINA
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:35
Last Modified: 19 Jul 2022 04:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27718

Actions (login required)

View Item View Item