SONIA HENTA ANGELINA, 12402183058 (2022) STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus Di UMKM Surinala Culture Kelurahan Kauman Kota Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (637kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (193kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (198kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (205kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus di UMKM Surinala Culture Kelurahan Kauman Kota Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Sonia Henta Angelina, NIM.12402183058, pembimbing Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Strategi pemasaran merupakan rencana yang menjabarkan ekspektasi perusahaan akan dampak dari berbagai aktivitas atau program pemasaran terhadap permintaan produk atau lini produknya di pasar sasaran tertentu. Surinala Culture merupakan UMKM yang bergerak dibidang makanan dan minuman (coffee shop). Sudah berdiri pada tahun 2018, minat konsumen terhadap UMKM ini dapat dikatakan cukup tinggi. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Surinala Culture dalam meningkatkan ekonomi masyarakat? 2) Bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Surinala Culture dalam meningkatkan ekonomi masyarakat? 3) Bagaimana pengawasan strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Surinala Culture dalam meningkatkan ekonomi masyarakat? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tulungagung Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti untuk penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisa data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan strategi marketing yang dilakukan oleh Surinala Culture dilakukan dengan hati-hati dan penuh perhitungan. Perencanaan keuangan Surinala Culture juga diatur dengan baik dengan menekan pengeluaran sekecil mungkin pada hal-hal yang kurang diperlukan. Dan mengalokasikan dana hal-hal yang penting. 2) Pelaksanaan strategi marketing yang dilakukan oleh Surinala Culture terdiri dari strategi marketing 4P yaitu produk yang dihasilkan berkualitas, harga yang ditawarkan terjangkau dan sesuai dengan kualitas produk, lokasi Surinala Culture yang strategis dan adanya promosi yang membuat pelanggan semakin tertarik untuk mengunjungi Surinala Culture. 3) Pengawasan strategi marketing yang dilakukan oleh Surinala Culture sudah sesuai dengan perencanaan, namun terdapat penurunan pendapatan karena adanya Covid-19, namun hal ini sudah bisa teratasi dengan baik. Kata Kunci: strategi pemasaran, UMKM, ekonomi masyarakat
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Strategi Pemasaran Ekonomi > Ekonomi Syariah Ekonomi > UMKM |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 12402183058 SONIA HENTA ANGELINA |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 04:35 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 04:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27718 |
Actions (login required)
View Item |