PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII MTSN 8 BLITAR PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

ASIFA RAHMATU ROSIDA, 12204183267 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII MTSN 8 BLITAR PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (424kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (246kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Resource Based Learning dengan Teknik Mind Mapping terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas VII MTsN 8 Blitar pada Materi Aritmatika Sosial” ini ditulis oleh Asifa Rahmatu Rosida, NIM 12204183267, pembimbing Nadya Alvi Rahma, S.Pd, M.Si. Kata Kunci: Resource Based Learning, Mind Mapping, Kemampuan Pemahaman Matematis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pemahaman matematis peserta didik dalam proses belajar. Hal ini dikarenakan guru masih cenderung menggunakan pembelajaran konvensional dimana pembelajaran hanya terpusat pada guru dan peserta didik cenderung pasif. Dalam proses pembelajaran guru harus bisa menciptakan model pembelajaran yang menyenangkan. Seorang peserta didik akan lebih mudah menerima materi yang diajarkan apabila mereka merasakan kesenangan melalui variasi pembelajaran. Salah satu variasi pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi yaitu model pembelajaran kooperatif dimana mengutamakan kerjasama peserta ddik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam hal ini, peneliti berusaha untuk menerapkan model pembelajaran resource based learning dengan teknik mind mapping terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik pada materi aritmatika sosial. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran resource based learning dengan teknik mind mapping terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas VII MTsN 8 Blitar pada materi aritmatika sosial, (2) untuk mengetahui besar pengaruh penerapan model pembelajaran resource based learning dengan teknik mind mapping terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas VII MTsN 8 Blitar pada materi aritmatika sosial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTsN 8 Blitar yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-H dan VII-I, adapun kelas VII-H sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-I sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas data hasil post-test dari kedua kelas tersebut diperoleh bahwa kedua kelas tersebut berdistribusi normal dan homogen. Sehingga untuk uji hipotesis menggunakan uji independent sample t test dan effect size. Adapun hasil penelitiannya yaitu: (1) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran resource based learning dengan teknik mind mapping terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas VII MTsN 8 Blitar pada materi aritmatika sosial. Terbukti dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan nilai t_tabel=1,670 < t_hitung=5,191, (2) Besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran resource based learning dengan teknik mind mapping terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas VII MTsN 8 Blitar pada materi aritmatika sosial adalah 1,29 dengan interpretasi=88% termasuk kategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aritmatika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183267 Asifa Rahmatu Rosida
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:39
Last Modified: 20 Jul 2022 02:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27813

Actions (login required)

View Item View Item