PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA SISWA MTs NEGERI 8 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

YUSNIA AGUSTIN, 12204183269 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA SISWA MTs NEGERI 8 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (338kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Group to Group Exchange (GGE) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Materi Statistika Siswa MTs Negeri 8 Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022” ditulis oleh Yusnia Agustin, NIM 12204183269, 2022, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Group to Group Exchange, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar, Statistika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kurang keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika yang dikarenakan model pembelajaran yang digunakan masih model pembelajaran konvensional. Dimana dalam model pembelajaran tersebut hanya didominasi oleh guru, sedangkan siswa hanya sebagai individu yang pasif. Dengan digunakannya model pembelajaran konvensional, kemampuan berpikir kreatif siswa tidak bisa berkembang dengan baik. Hal ini nanti juga akan berimbas pada hasil belajar siswa yang kurang baik. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran aktif group to group exchange (GGE) terhadap kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari hasil belajar matematika materi statistika siswa MTs Negeri 8 Tulungagung tahun ajaran 2021/2022? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran aktif group to group exchange (GGE) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari hasil belajar matematika materi statistika siswa MTs Negeri 8 Tulungagung tahun ajaran 2021/2022. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung. Sedangkan sampelnya adalah kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa. Sumber data diperoleh dari hasil nilai post tes pada kelas VIII MTsN 8 Tulungagung dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Adapun uji yang digunakan dalam penelitian ini antara lain uji instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa data dari kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji t diperoleh nilai rata-rata pada masing-masing kelas yaitu, kelas eksperimen sebesar 80,0781 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 66,0156. Dan pada taraf signifikan 5% diperoleh bahwa nilai thitung > ttabel (3,576 > 1,669) dan untuk nilai Sig. (2-tailed) (0,001) < 0,05. Maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hal itu menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran group to group exchange (GGE) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan uji statistik dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran group to group exchange (GGE) dapat dijadikan model pembelajaran bagi guru khususnya dalam pembelajaran matematika pada materi statistik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183269 Yusnia Agustin
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:55
Last Modified: 28 Jul 2022 04:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27849

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item